DaerahKota Serang
Trending

Banyak Masjid di Kota Serang Belum Kantongi IMB

SERANG, BANTEN RAYA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Serang mencatat masih banyak masjid yang belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB). Ketiadaan IMB bisa membuka potensi masjid digugat oleh ahli wakaf atau keturunannya.

Ketua DMI Kota Serang Komar mengatakan, DMI Kota Serang memiliki program agar masjid-masjid yang ada di Kota Serang memiliki IMB. Hal ini bermanfaat agar masjid-masjid yang ada memiliki status yang jelas dan legal di mata hukum sehingga tidak bisa digugat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pendataan DMI Kota Serang, saat ini ada 585 masjid di Kota Serang.

“Pembuatan IMB masjid jadi program prioritas DMI Kota Serang,” kata Komar usai Rapat Koordinasi dan Halal Bihalal DMI Kota Serang di Cipocok Jaya, Kamis (3/6/2021).

Komar mengungkapkan, saat ini memang tidak ada ada ahli wakaf atau maupun keluarganya yang menggugat keberadaan masjid. Namun hal itu bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Tidak adanya yang menggugat masjid bisa jadi lantaran mereka takut bila melakukan gugatan terhadap rumah ibadah.

Namun dalam beberapa kasus, misalkan, ada saja yang menggugat sesuatu yang sebelumnya sudah diwakafkan, misalkan sekolah. Ada banyak sekolah di Banten yang digugat oleh keluarga maupun ahli waris.

Hal itu tentu juga bisa terjadi pada masjid bila anggota keluarga yang sudah mewakafkan lahan masjid kepada masyarakat berubah pikiran. Potensi-potensi negatif seperti inilah yang diminimalisir agar di masa depan tidak terjadi.

“Silakan cek jangan-jangan 100 persen masjid belum punya IMB. Penting ada status bangunan berizin dan jangan sampai masjid jadi bangunan liar. Selama ini orang diam soal IMB masjid ungkin karena mereka enggak berani aja,” katanya.

Komar mengungkapkan, sampai saat ini di Kota Serang belum mengetahui jumlah berapa masjid yang belum memiliki IMB dan berapa yang sudah. Karena itu, dengan program pengurusan IMB ini, diharapkan akan diketahui berapa jumlah masjid yang belum memiliki IMB sehingga akan memudahkan pengurusannya.

“Ini langkah awal nanti akan ada pembentukan tim yang mengurusi IMB masjid,” katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perlayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang Akhmad Mujimi mengatakan semua bangunan yang ada memang harus memiliki IMB sebagai sebuah dokumen yang sah yang diakui oleh negara.

Dalam hal program pengurusan IMB bagi masjid-masjid yang ada di Kota Serang, DPMPTSP Kota Serang menyambut baik rencana ini dan akan berusaha membantu agar proses pembuatan IMB masjid di Kota Serang bisa cepat terlaksana.

BACA JUGA: Dewan Masjid Kota Serang Salurkan Bantuan untuk Palestina

Mujimi mengaku, sampai saat ini ia belum mengetahui berapa masjid yang mengurus IMB. Namun seingatnya sangat jarang ada masjid yang mengurus IMB ke pemerintah daerah.

“Kami akan memfasilitasi agar ada kemudahan mengurus IMB masjid karena ini untuk kepentingan sosial atau umum,” kata Mujimi.

Menurutnya tidak ada retribusi besar guna mengurus IMB masjid. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya Rp150.000 dan itupun digunakan untuk menutupi biaya pembuatan plang masjid yang akan dipasang di depan masjid bertuliskan bahwa bangunan ini sudah ber-IMB. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp