DaerahKota Serang
Trending

Banyak Perusahaan Buka Lowongan, Pemohon Kartu Kuning di Kota Serang Meningkat hingga 70 Persen

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang mencatat pemohon kartu kuning mengalami peningkatan selama 2021. Kenaikan mencapai 70 persen dibanding periode yang sama pada 2020. Hal tersebut terjadi akibat kembali menggeliatnya perekonomian, dimana banyak perusahaan yang membuka lapangan kerja. 

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang Cucum mengatakan, pada 2020 atau awal pandemi Covid-19 terjadi sangat terasa sekali lesunya perekonomian. Lowongan pekerjaan terus menyempit lantaran perusahaan mengalami kesulitan. 

Akan tetapi, di tahun ini terlihat geliat ekonomi mulai tumbuh kembali dengan kembali bertambahnya lapangan pekerjaan. Hal itu jelas berdampak pada jumlah pemohon kartu kuning atau tanda pencari kerja yang mengalami peningkatan.

“Sekarang kita lihat ada beberapa perusahaan yang sudah mulai buka lowongan. Otomatis ini (pemohon kartu kuning-red) ada peningkatan dibandingkan dengan tahun kemarin,” ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Ia menambahkan, jika dibandingkan dengan posisi yang sama pada tahun lalu maka jumlah pemohon kartu kuning naik sangat signifikan di atas 50 persen.

“Sampai bulan ini ada peningkatan hingga 70 persen,” tuturnya. (doni)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp