DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Daging Sapi Langka di Pasaran, Pedagang Bakso Libur Jualan

SERANG, BANTEN RAYA – Dampak kelangkaan daging sapi dan kerbau di Banten, membuat sejumlah pedagang bakso terkena imbasnya. Mereka terpaksa libur karena pedagang daging merah mogok jualan, sehingga mereka sulit mendapat bahan baku untuk membuat bakso.

Seperti diketahui, Gabungan Pengusaha dan Pedagang Daging (Gappenda) daging melakukan aksi mogok jualn sejak Jumat hingga Selasa (22-26/1/2021). Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terus melambungnya harga daging merah.

Salah seorang pedagang bakso di Kota Serang Maman mengatakan, pada Kamis (21/1/2021) dirinya membeli sebanyak enam kilogram daging sapi segar. Namun stok tersebut hanya mampu cukup untuk dua hari kedepan. Bila hingga besok pedagang daging masih mogok, dirinya terpaksa libur berjualan.

“Hari ini saya masih jualan, karena masih ada stok kemarin.Tapi kalau besok stoknya habis terpaksa libur dulu, soalnya tukang dagingnya mogok semua,” kata Maman, ditemui di kediamannya, Lingkungan Tegal Duren, Kelurahan Cipocok Jaya, Jumat (22/1/2021).

Ia mengungkapkan, daging sapi menjadi bahan utama dalam membuat bakso. Dalam sehari ia membutuhkan sedikitnya tiga kilogram daging merah tersebut. “Sekali olah minimal butuh tiga kilo,” ungkapnya.

Maman berharap, pedagang daging sapi kembali berjualan seperti semula. Pasalnya, aksi mogok berlarut maka akan berpengaruh terhadap ekonominya.

“Kalau enggak jualan berhari-hari kan otomatis pakai (uang) yang ada dulu mungkin. Nah sedangkan saya mah pedagang kecil. Yang sehari-harinya bergantung dari pendapatan harian,” terangnya.

Senada diungkapkan pedagang bakso di Kota Serang lainnya, Masdul. Menurut dia, dengan kelangkaan daging sapi dan kerbau dipasaran jelas berdampak terhadap dirinya. 

“Berpengaruh lah jualannya. Libur paling kalau stok bakso habis mah,” tuturnya. 

Ia mengungkapkan, dirinya saat ini masih jualan karena masih ada stok daging baso yang sudah matang. Meski membuat bakso bisa menggunakan daging ayam, namun dirinya tetap tidak akan melakukannya. Sebab, proses pembuatannya akan menjadi lebih sulit dan bisa mempengaruhi rasa dan kualitas.

“Ini stok kemarin saya simpen di freezer. Kalau habis ya libur,” ujarnya. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp