DaerahKota Serang
Trending

Datang dari Negeri Drakor, Kota Serang Kini Punya Mobil Damkar Modern Kapasitas 10 Ribu Liter

SERANG, BANTEN RAYA – Kota Serang kini telah memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari bantuan hibah Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI).

Kepastian ini diketahui setelah Walikota Serang didampingi Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menyerahkan secara simbolis bantuan dari negeri drama korea (Drakor) tersebut, usai apel di lapangan Puspemkot Serang, Kota Serang, Senin (7/6/2021).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, mobil damkar itu memiliki daya tampung lebih besar dan daya semprot yang cukup jauh.

“Mobil damkar ini kapasitasnya 10 ribu liter air dan daya semprotnya menjangkau gedung tingkat tiga hingga empat atau sekitar 20 meter, karena memang kekuatannya tinggi,” kata Syafrudin didampingi Kasatpol PP Kota Serang Kusna Ramdani, kepada Banten Raya, usai penyerahan.

Ia menyebutkan, ketersediaan mobil damkar saat ini baru tiga unit dan dua unit mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 3.000-5.000 liter air.

“Saat ini kami memiliki mobil damkar tiga unit dan mobil tangki dua unit. Kalau bantuan ini 10 ribu liter. Jakarta juga hanya memiliki satu unit kapasitas 10 ribu liter ini,” ucap dia.

Syafrudin berharap, dengan diterimanya hibah satu unit mobil damkar ini bisa dimanfaatkan. Karena, unit Damkar pada Satpol PP ini bekerja 24 jam dan OPD yang harus benar-benar sigap.

“Kebakaran itu kan tidak memandang waktu jadi Damkar harus sigap, saya juga berharap pergunakan sebaik-baiknya dan layani masyarakat sesigap-sigap mungkin,” terangnya.

Ia mengungkapkan, sekitar dua tahun lalu perwakilan Pemerintah Korsel mengunjungi Pemkot Serang dan meninjau langsung perlengkapan unit damkar Kota Serang.

BACA JUGA: Kota Serang Dapat Hibah Satu Unit Mobil Damkar dari Negeri Asal Drakor

“Prosesnya ini dua tahun, sekarang bantuan ini kami terima, alhamdulilah saya merasa bersyukur atas bantuan ini, kami akan manfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Serang,” katanya.

Pantauan bantenraya.com, Walikota Serang Syafrudin memecahkan kendi air sebagai tanda ucapan syukur dan penyerahan. Walikota dan Wakil Walikota sempat menaiki mobil damkar tersebut. Turut hadir kepala OPD dan pejabat terkait. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp