DaerahKota CilegonKota Serang
Trending

Dermaga Merak dan Seluruh Terminal di Banten Bakal Ditutup, Masih Mau Mudik?

SERANG, BANTEN RAYA- Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten akan menutup lima dermaga di Pelabuhan Penyeberangan Merak, untuk mengantisipasi adanya pergerakan pemudik. Selain dermaga, Polda juga akan menutup semua terminal di Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran. Mulai dari penyekatan jalan, hingga pembatasan operasional dermaga di Pelabuhan Penyeberangan Merak. 

“Sebaiknya tidak melakukan mudik, karena Polda Banten telah melakukan penyekatan, termasuk penyeberangan Pelabuhan Merak ke Bakaueni. Dari Merak ke Bakaueni ada 7 dermaga, 5 ditutup hanya 2 yang dibuka, dan itu hanya untuk angkutan BBM, bahan pokok dan bahan penting. Untuk angkutan penumpang ditutup,” ujarnya usai rapat lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriyah di masa pandemi Covid-19, Rabu (21/4/2021).

Rudy menjelaskan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry selaku operator Pelabuhan Penyeberangan Merak tidak akan mengeluarkan tiket penyeberangan untuk angkutan orang mulai 6-17 Mei 2021.

“Sehingga angkutan penumpang nekat nyebrang ke Lampung akan dikembalikan dan tidak diberangkatkan,” jelasnya.

Kepala Dishub Provinsi Banten Tri Murtopo mengatakan, guna mendukung rencana pelarang mudik Lebaran, seluruh terminal di Provinsi Banten akan ditutup dan tidak melayani bus antar kota antar provinsi (AKAP) mulai 6-17 Mei 2021. 

“Kalau bus AKAP enggak boleh (operasi) otomatis tutup (terminal), untuk angkutan dalam kota masih boleh (beroperasi),” katanya.

Sementara itu, General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Hassan Lessy mengaku belum mengetahui adannya kebijakan Kapolda Banten terkait penutupan 5 dermaga. 

“Belum ada (informasi pengoperasian dua dermaga selama tanggal 6-17 Mei oleh Kapolda Banten). Belum ada rencana (penutupan dermaga),” katanya singkat.

Baca juga

6-17 Mei Akses Ditutup, Warga Pilih Curi Start Mudik ke Kampung

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, Pemprov Banten akan mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik Lebaran, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Banten.

“Ada beberapa poin yang diberikan kelonggaran atau aglomerasi (warga diizinkan melakukan mudik lokal atau perjalanan antar kota atau kabupaten yang saling terhubung), seperti di daerah Jabotabek,” katanya.

Meski begitu, Andika tetap mengimbau kepada masyarakat Banten untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran, karena akan berdampak pada peningkatan penyebaran virus korona. (darjat/rahmat)

Baca juga

Polda Banten dan ASDP Tutup Akses Pemudik di Merak

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp