DaerahKesehatanKota Serang

Dinkes Kota Serang Siapkan Dua Cold Chain untuk Tempat Vaksin

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan Kota Serang menyiapkan dua rantai dingin (cold chain) sebagai tempat penyimpanan vaksin Covid-19. Satu cold chain bisa menampung 2.000-3.000 vaksin. Rencananya, vaksin Covid-19 akan didatangkan ke Kota Serang pada 14 Januari mendatang. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Serang Hikmat Sumantri mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan Kota Serang memiliki enam cold chain yang masih berfungsi dengan baik. Tiga cold chain berada di kantor Dinas Kesehatan Kota Serang di Cipete. Sementara tiga lainnya di gudang farmasi yang berada di Cipocok Jaya. 

“Kami sudah menyiapkan dua cold chain yang kosong sebagai tempat penampungan vaksin Covid-19,” katanya, Selasa (5/1/2021). 

Hikmat menyatakan, saat ini ia hanya bisa memperkirakan kapasitas satu cold chain bisa menampung antara 2.000-3.000 vaksin karena sampai saat ini ia belum tahu bentuk vaksin Covid-19 apakah kecil atau besar. 

“Kita pastikan dua cold chain yang ada kosong,” katanya. 

Selain mempersipkan tempat penyimpanan vaksin, Dinas Kesehatan Kota Serang juga mengikutsertakan 20 tenaga kesehatan yang diambil dari puskesmas guna mengikuti pelatihan vaksinasi Kementerian Kesehatan RI. Mereka yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat menyampaikan ilmu vaksinasi kepada tenaga kesehatan lain. 

“Pelatihan dilakukan melalui aplikasi zoom meeting. Pelatihan berlangsung tiga hari dan hari ini hari kedua,” katanya. (tohir)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d bloggers like this: