Kota Serang
Trending

DPK Banten Bina Perpustakaan Sekolah

SERANG, BANTEN RAYA-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK. Salah satu pembinaan yang dilakukan adalah dengan melakukan bimbingan tehnik tenaga pengelola perpustakaan sekolah.

Dalam paparannya, Kepala DPK Banten Usman Asshiddiqi Qohara menyampaikan, perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada di satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Menurutnya, Misi perpustakaan sekolah diantaranya adalah menyediakan informasi dan ide yang merupakan fondasi agar berfungsi secara baik dalam masyarakat masa kini yang berbasis informasi dan pengetahuan.
Adapun perpustakaan tujuan perpustakaan sekolah, kata Usman, adalah menyediakan pusat sumber belajar sehingga dapat membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat serta kemampuan peserta didik.

“Koleksi perpustakaan sekolah bisa dalam berbagai bentuk media yang tujuannya untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Usman juga menyampaikan bahwa perpustakaan sekolah harus memiliki standar perpustakaan pada umumnya, dimana sumber daya manusia harus paham dan mengerti mengenai pengelolaan perpustakaan.

Karena, lanjutnya, perpustakaan sekolah harus mampu menyediakan layanan sirkulasi, layanan referensi dan pendidikan pengguna. Penyelenggarakaan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari sekolah dibawah tanggung jawab kepala sekolah.

“Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, kedudukannya sejajar dengan sumber belajar lainnya, dan perpustakaan sekolah adalah unit kerja yang melakukan fungsi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan pendayagunaan materi perpustakaan untuk mendukung pembelajaran,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp