DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Dua bulan Jelang Idul Adha, Pengusaha Penggemukan Sapi Mulai Kebanjiran Order

SERANG, BANTEN RAYA – Dua bulan jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, pengusaha penggemukan hewan kurban jenis sapi di Kota Serang mulai tinggi. 

Salah seorang pengelola penggemukan sapi Farm Gilang Pratama, Joharudin mengatakan, sejak H-60 jelang Idul Adha, para pembeli sudah banyak yang booking (pesan). Bahkan ia memprediksi mengalami peningkatan mencapai 20 persen bila dibandingkan 2020.

“Tahun kemarin awal pandemi jadi orang berhati-hati, kalau tahun ini sudah 20 persen yang sudah ada booking. Kita juga sebenarnya sudah ada yang open order dari sekarang,” ujar Joharudin ditemui di lokasi penggemukan sapi di Lingkungan Lebak, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu (30/5/2021).

Ia mengungkapkan, harga per ekor sapi di tempatnya berkisar dari Rp1.7500.000 hingga Rp6.5000.000 dengan bobot berat sekitar 1 ton lebih. 

“Harga ada kenaikan sekitar 10 persen dari tahun kemarin. Populasi hewan kurban sapi dan domba di lapangan mulai sangat berkurang,” ungkap dia.

BACA JUGA: BUMD Agrobisnis Berambisi Bangun Peternakan Sapi Perah di Banten, di Sini Lokasinya

Ia menuturkan, sapi yang digemukan itu berjenis FO dan Fegon. Hewan kurban itu berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang digemukan ditempatnya. 

“Sapi ini dari Salatiga, Boyolali, dan Jember. Ini semua sapi lokal tidak ada sapi luar kayak BX dan segala macam. Sapi ini hasil penggemukan,” tuturnya. (harir)

 

Related Articles

Back to top button