DaerahKota SerangPendidikan
Trending

Duta Baca Indonesia Ini Rayakan Hari Lahir Pancasila dengan Cara Unik, Apa Itu?

SERANG, BANTEN RAYA – Duta Baca Indonesia Gol A Gong membuat program unik dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni yaitu dengan bagi-bagi sembako buku. Gerakan Sembako Buku juga diadopsi oleh banyak kalangan dan komunitas di Indonesia, salah satunya di Kalimantan Tengah.

Seperti diketahui, sembako buku adalah gerakan untuk mengajak siapa saja untuk memberikan sembako dan buku bagi masyarakat kurang mampu. Jenis buku yang diberikan bisa apa saja disesuaikan dengan buku yang dimiliki, misalkan buku sejarah, ilmu pengetahuan umum, sastra.

Bisa juga buku jenis buku terkait, edukatif, berdasarkan Pancasila-UUD 1945, diterbitkan oleh penerbit legal bernomor ISBN, sesuai dengan peraturan penerbitan buku di wilayah NKRI.

“Buku dibagikan secara mandiri pada 1 Juni,” kata pendiri Rumah Dunia ini, Selasa (1/6/2021).

Menurut Gong, buku penting bagi pengembangan literasi masyarakat di era global saat ini. Tanpa harus memusuhi gadget sebagai sebuah pencapaian teknologi komunikasi, masyarakat tetap diajak untuk membaca buku. Sebab, ia meyakini membaca dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dan bisa memberdayakan masyarakat.

“Berdaya dengan buku”, ujar Gol A Gong bersemangat.

Gong yang mengaku sebagai pengagum Pancasila ingin mengajak generasi milenial bersama memberi sembako buku. Baik untuk nelayan, pedagang kaki lima, dan untuk saudara sebangsa setanah air di mana pun berada, dalam rangka menyambut hari lahir Pancasila 1 Juni 2021.

BACA JUGA: Mantap! Putra Banten Ditunjuk Jadi Duta Baca Indonesia

Niko, salah satu relawan Rumah Dunia Kota Serang, membagikan empat paket sembako buku berisi buku, gula, kopi, dan empat bungkus mie instan dengan membagi-bagikannya kepada wong cilik di sekitar Rumah Dunia.

Gerakan Sembako Buku juga direspons Kalimantan Tengah. Di sana 10 akun sosial media besar, 10 komunitas, dan dua dinas perpustakaan daerah dan personal relawan gabung dalam gerakan ini dan membagikan sembako buku secara mandiri di daerah mereka. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp