DaerahKota Serang
Trending

Gara-gara Covid-19, RPJMD Kota Serang Direvisi

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Serang bakal merevisi rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023. Hal itu dilakukan lantaran adanya refocusing anggaran senilai Rp108 miliar pada tahun anggaran 2020 untuk penanganan pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Walikota Serang Syafrudin, setelah membuka acara Musrenbang perubahan RPJMD Kota Serang Tahun 2018-2023 dan RKPD Kota Serang tahun 2022 di Hotel Le Dian, Ciceri, Kota Serang, Kamis (18/3/2021).

“Jadi program kegiatan yang sudah direncanakan di tahun 2020 itu direcofusing,” kata Syafrudin, kepada awak media.

Namun saat ditanya apa saja yang direvisi, Ketua DPW PAN Provinsi Banten ini belum dapat menjelaskan secara rinci. “Belum-belum,” ucap dia.

Syafrudin justru menekankan kepada seluruh OPD di lingkup Pemkot Serang, agar tidak ada diskusi lagi mengenai program yang sudah berupa dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). 

“Ya contohnya tahun ini, umpamanya program disabilitas, itu kan sebenarnya kita bukan mencoret, tapi harus jelas program dari OPD, dan harus dipertahankan jika memang programnya jelas,” jelasnya dengan mimik wajah serius.

Ia meminta, kepada seluruh OPD agar melakukan perencanaan yang matang. Sehingga tidak ada lagi program yang tertinggal. 

“Hal-hal yang krusial model seperti disabilitas, itu penting kita tangani. Jangan sampai ditinggal. Udah jadi DPA malah diperdebatkan. Kecuali masih Musrenbang ini masih bisa diutak-atik,” terang Syafrudin.

Jika pertimbangannya karena anggaran APBD Kota Serang, menurut Syafrudin, hal itu bisa disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada.

“Soal anggaran kan bisa disesuaikan. Sesuai kemampuan kan tidak bisa melebihi dari itu. Umpamanya kebutuhan kita Rp 700 juta, bisa Rp 200 juta dulu, tapi ada, jangan hilang,” tegasnya. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp