DaerahKota Serang
Trending

Gara-gara Hal Ini, Distan Banten Tolak Penyembelihan di Satu Lokasi Pemotongan di Kota Serang

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten menolak pelaksanaan peyembelian di salah satu lokasi pemotongan hewan kurban di Kota Serang pada Idul Adha 1442 H ini. Hal itu dilakukan karena kerbau sebagai hewan kurban yang akan disembelih merupakan betina produksi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Distan Provinsi Banten Ari Mardiana mengatakan, selain melakukan pengawasan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya juga melakukan hal serupa saat proses penyembelihan. Dalam kegiatan tersebut Distan sempat melakukan penolakan penyembelihan di salah satu lokasi pemotogan hewan kurban di Kota Serang.

BACA JUGA: Terima 61 Hewan Kurban, Sekda Banten Pimpin Pemotongan di Masjid Raya Al Bantani

“Tim kita ada yang melakukan penolakan pemotongan di salah satu lokasi pemotongan hewan kurban, karena kerbau yang akan disembelih adalah kerbau betina produktif,” ujarnya kepada bantenraya.com, Kamis (22/7/2021).

Ia menegaskan, sesuai Undang-undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan, dijlaskan jika hewan betina produktif tidak boleh disembelih untuk menjaga kelangsungan populasi ternak.

“Karena bagaimana pun ternak betina adalah pabrik penghasil anak. Kalau pabriknya disembelih sudah dipastikan tidak akan ada penambahan populasi ternak,” katanya.

Jika ketentuan tersebut dilanggar maka pelakunya dapat dikenakan sanksi pidana. Untuk ternak ruminansia betina produktif bisa dikenakan sanksi paling lama 6 bulan kurungan dan denda paling banyak Rp5 juta.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Sedangkan untuk ternak ruminansia besar betina produktif dapat dikenakan sanksi paling lama 3 tahun dan atau denda paling banyak Rp300 juta,” tegasnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button