KesehatanKota Serang
Trending

Gotong-royong Bantu Pasien Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA- Masyarakat sipil (civil society) beramai-ramai membuat gerakan yang menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat yang kesusahan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mereka secara sukarela membantu masyarakat mulai dari meminjamkan tabung oksigen sampai memberikan suplemen bagi yang dinyatakan positif Covid-19 dan tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Fesbuk Banten News, komunitas yang mengusung jurnalisme warga, menyediakan tabung oksigen bagi warga yang membutuhkan. Gerakan ini muncul setelah sebelumnya masyarakat kesulitan mendapatkan tabung oksigen maupun isi ulang oksigen. Tabung oksigen diperlukan bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan memiliki riwayat penyakit pernapasan sehingga disarankan menggunakan oksigen.

Lulu Jamaludin, salah satu relawan Fesbuk Banten News, mengatakan, Fesbuk Banten News mencoba menjadi jembatan bagi warga yang memerlukan tabung oksigen namun kesulitan mendapatkannya karena langka. Selain itu, Fesbuk Banten News berusaha menjadi jembatan bagi masyarakat yang memiliki tabung oksigen dan ingin membantu masyarakat yang lain dengan meminjamkannya. Tabung yang dipinjamkan adalah tabung oksigen kecil berkapasitas 1 meter kubik.

“Jadi selain meminjamkan tabung oksigen kami juga mempersilakan kalau ada masyarakat yang mau menitipkan tabung oksigen beserta kelengkapannya untuk membantu warga lain yang membutuhkan,” kata Lulu.

Lulu mengatakan, bisa saja ada masyarakat yang memiliki tabung oksigen namun setelah anggota keluarga mereka sembuh dari Covid-19 lalu tabung oksigen yang dimiliki tidak dipakai lagi. Sementara di luar sana ada banyak warga lain yang mencari-cari tabung oksigen tetapi tidak dapat menemukannya karena sedang langka.

“Daripada tabung oksigen nganggur di rumah setelah dipakai dan tidak dipakai lagi lebih baik dipinjamkan kepada yang membutuhkan,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin meminjam atau meminjamkan tabung oksigen bisa mendatangi Rumah Singgah Fesbuk Banten News yang berlokasi di Jalan Glatik, Tegal Padang, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Atau bisa juga menghubungi nomor telepon relawan Fesbuk Banten News di 08170050090. Layanan ini tidak hanya berlaku bagi warga Kota Serang melainkan juga warga dari kabupaten/ kota lain di Provinsi Banten.

Selain tabung, kata Lulu, Fesbuk Banten News juga siap menyalurkan sembak, makanan, atau vitamin untuk yang melalukan isolasi mandiri. “Dan kita tetap menyiapkan mobil ambulance gratis,” katanya.

Selain Fesbuk Banten News, ada juga organisasi Yatim Mandiri Banten yang menyediakan suplemen bagi warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Berbeda dengan Fesbuk Banten News, Yatim Mandiri memberikan layanan antar bantuan paket suplemen bagi warga isoman. Melalui program ini, Yatim Mandiri Banten akan memberikan paket suplemen bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri atau isoman.

Andi Setiadi, Kepala Cabang Yatim Mandiri Banten, mengatakan, dengan program ini warga yang melakukan isoman akan mendapatkan paket suplemen berupa susu UHT, biskuit, masker, vitamin, sosis, dan kare super kurban. Warga yang ingin mendapatkan paket suplemen ini bisa langsung menghubungi nomor Hotline Yatim Mandiri Banten di nomor 0812 8744 8444.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Syaratnya warga yang mengajukan harus sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dan menyertakan bukti hasil tes usap (swab test) antigen/ PCR positif selama 10 hari terakhir,” katanya.

Bila sudah menghubungi nomor tersebut, maka paket suplemen akan langsung diantarkam ke alamat yang dituju langsung ke depan rumah oleh petugas dari Yatim Mandiri Banten.

Namun, area yang bisa dilayani dalam program ini saat ini masih terbatas hanya untuk wilayah Kota Serang, yang meliputi Kecamatan Serang, Cipocok Jaya, Kasemen, Curug, Walantaka, dan Taktakan.

“Sejak layanan ini kami buka sudah ada 50 orang lebih yang mengajukan bantuan paket suplemen,” tutur Andi. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp