DaerahKota Serang
Trending

Guru Ngaji Hingga Marbot di Kota Serang Tetap Dapat Honor di 2021, Tapi Maaf Nilainya Tak Naik

SERANG, BANTEN RAYA- Pemkot Serang di 2021 ini kembali memberikan honor kepada guru ngaji, marbot (pengurus masjid), pemandi jenazah, RT/RW se-Kota Serang. Besaran nominal insentif yang akan diterima oleh ketiga profesi itu masih sama alias tidak naik. Hal itu akibat dampak pandemi Covid-19 masih dialami Kota Serang.

Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Salvani Eka Prasetya mengatakan, anggaran tahun 2021 terkait honor guru ngaji, marbot, pemandi jenazah, dan RT/RW masih sama seperti tahun anggaran 2020 alias tidak berubah.

“Tidak berubah, masih sama seperti tahun kemarin,” ujar Salvani, saat dihubungi Banten Raya via ponselnya, Jumat (15/1/2021).

Ia menjelaskan, alasan pihaknya tidak menaikan honor tersebut lantaran situasi masih dalam pandemi Covid-19, sehingga alokasi anggaran Pemkot Serang direcofusing atau dialihkan untuk penanganan virus korona.

Selain itu, sambung Salvani, tidak adanya instruksi dari pimpinan perihal kenaikan honor bagi guru ngaji, marbot, pemandi jenazah, dan RT/RW. Kalau tidak ada usulan untuk naik berarti dianggapnya tetap, sebaliknya jika ada perintah untuk dinaikan berarti kita naikan.

“Iya salah satunya karena ada korona, kita banyak pakai uang korona, PAD kita juga jeblok, turun. Tahun sekarang ada vaksin, jadi pokoknya banyak kegiatan kesehatan, hanya kita mengurangi hal-hal yang tidak perlu,” terang dia.

Salvani menyebutkan, honor guru ngaji Rp200 ribu per bulan, marbot Rp100 ribu per bulan, pemandi jenazah Rp300 ribu per bulan, RT/RW Rp250 ribu per bulan. Untuk pencairan honor per triwulan atau tiga bulan sekali. “Pencairannya per tiga bulan sekali, dirapel. April depan sudah mulai cair,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan data jumlah keseluruhan guru ngaji, marbot, pemandi jenazah, dan RT/RW yang tersebar di Kota Serang yang bakal menerima insentif dari Pemkot Serang.

“Apalagi itu kami tidak tau. Itu ada di masing-masing kecamatan, karena kami mengalokasikan anggaran berdasarkan pengajuan dari masing-masing kecamatan,” jelas dia.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, anggaran untuk honor guru ngaji, marbot, pemandi jenazah, dan RT/RW tahun 2021 masih dialokasikan. Namun dia mengaku anggaran totalnya tidak tahu persis. “Anggaran untuk itu masih ada untuk tahun ini, tapi secara teknisnya silakan tanya ke kecamatan,” ujarnya. (harir/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp