DaerahKota Serang
Trending

Heboh Kota Serang Diselimuti Kabut, Ini Penjelasan BMKG

SERANG, BANTEN RAYA – Warga Kota Serang dihebohkan dengan munculnya kabut yang menyelimuti sejumlah wilayah di Ibu Kota Provinsi Banten tersebut, Jumat malam hingga Sabtu dini hari (4-5/6/2021).

Pantauan bantenraya.com, fenomena langka itu ramai diunggah diperbincangkan warganet di media sosial, salah satunya di Instagram.

Beberapa dari mereka mengaku kaget dengan kondisi tersebut. Sebab, kabut sangat jarang ditemui di wilayah perkotaan. Bahkan ada menyebut jika suasana di Kota Serang malam tadi seperti berada di wilayah pegunungan.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi, mengapa kabut tebal menyelimuti Kota Serang? Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Serang Tarjono memberikan penjelasan atas fenomena langka tersebut.

Dijelaskannya, kabut muncul lantaran Kota Serang terus diguyur hujan pada Jumat (4/6/2021).

“Kota Serang diguyur hujan dengan durasi yang cukup lama dan intensitas sedang hingga lebat. Hal ini menyebabkan kelembapan udara menjadi tinggi,” ujarnya, Sabtu (5/6/2021).

Lebih lanjut dipaparkan Tarjono, adapun kabut yang muncul kali ini adalah termasuk pada kabut tipe adveksi. Kabut itu terbentuk ketika udara hangat dan lembab melewati permukaan yang dingin. Akibatnya, uap air dipermukaan akan memadat dan membentuk kabut.

“Suhu udara yang lembab dan mengandung banyak uap air bertemu dengan suhu permukaan tanah yang masih hangat atau panas,” ungkapnya.

Tarjono mengimbau, agar warga tak perlu panik namun tetap waspada terkait fenomena tersebut. (dewa)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp