Kota Serang
Trending

Ini Jenis Pelanggaran ETLE, Kepoin di Sini

SERANG, BANTEN RAYA- Tilang Electronic traffic law enforcement (ETLE) akan mulai diberlakukan dan dijucobakan di Banten mulai Maret 2021 ini. Yuk kenali jenis pelanggaran apa saja yang diintai tilang elektronik tersebut.

Untuk diketahui ETLE menggunakan sistem yang memotret pelanggaran di jalan raya melalui kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang beroperasi selama 24 jam. Kamera CCTV tersebut, akan merekam pelanggaran yang dilakukan pengemudi secara lebih detail.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan kamera CCTV telah dipasang di tiga titik di jalur protokol. Pelanggar lalu lintas yang akan dipantau yaitu pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Pengemudi menggunakan ponsel saat menyetir. Kemudian, tidak mengenakan helm, melanggar marka jalan, pelanggaran batas kecepatan kendaraan, dan sejumlah pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Hasil rekaman itu akan divalidasi pihak kepolisian dan akan dianalisis apakah benar telah terjadi pelanggaran atau tidak. Setelah validitas pelanggaran dipastikan, petugas akan mengirim surat konfirmasi berikut foto bukti pelanggaran melalui kantor pos,” katanya kepada Banten Raya, Jumat (19/2/21).

Rudy menambahkan pelanggar yang diberikan surat pelanggaran akan diminta untuk melakukan klarifikasi, jika dalam sepekan tidak ditindaklanjuti, maka kendaraan pelanggar akan dilakukan pemblokiran.

“Untuk itu bagi kendaraan yang sudah diover alihkan laporkan kepada kami, sehingga kita tidak salah alamat melakukan penindakan pelanggar lalu linta,” tambahnya. (darjat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp