DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Jelang Lebaran, Harga Ayam di Pasar Rau Naik Rp500 per Hari

SERANG, BANTEN RAYA- Harga ayam broiler di Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang, terus mengalami kenaikan. Kenaikan ini diperkirakan akan terus terjadi sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Muhibi, pedagang ayam potong di PIR mengatakan, kenaikan harga ayam potong di Pasar Induk Rau sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Setiap hari kenaikan harga berkisar di Rp500 per kilogramnya. “Sekarang harga ayam potong Rp38 ribu per kilogram,” kata Muhibi, Senin (3/5/2021).

Muhibi mengungkapkan, normalnnya harga ayam potong berada pada Rp35 ribu per kilogram. Sehingga saat ini kenaikan berada di kisaran Rp3 ribu per kilogram. 

Ia mengaku tidak mengetahui penyebab pasti mengapa harga ayam potong naik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, kondisi seperti ini biasa terjadi bila menjelang Lebaran. “Biasa kalau mau Lebaran apa-apa naek,” katanya.

Naiknya harga ayam potong menurut Muhibi, berimbas pada menurunnya penjualan. Bila sebelumnya ketika harga ayam masih normal ia bisa menjual 400 kilogram per hari, maka saat ini penjualan mengalami penurunan cukup drastis. 

“Kalau sekarang penjualan jadi kurang cuma 250 kilogram per hari. Sebelumnya bisa 400 kilogram sehari,” katanya.

Sarifudin, pedagang ayam potong lain di PIR membenarkan ada kenaikan harga ayam potong sejak beberapa hari terakhir. Sebelumnya harga ayam sempat turun, namun kemudian naik kembali. 

Ia mengatakan, harga ayam potong memang mulai naik terus setiap hari dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri. Namun kenaikan paling tinggi sebetulnya sudah terjadi saat menjelang puasa Ramadan, momen yang dikenal masyarakat Banten sebagai munggahan. “Sebelum puasa pernah Rp45.000 pas munggahan,” katanya. 

Awal puasa harga ayam kembali turun sampai menyentuh Rp35.000 per kilogram, lalu beranjak naik lagi pada 10 hari sebelum Lebaran. Saefullah mengungkapkan, setiap hari ada saja kenaikan harga ayam potong. Rata-rata kenaikan per harinya adalah Rp500 untuk setiap kilogram daging ayam. “Harganya naik sudah dua hari lalu,” katanya.

Baca juga

Sidak di Pasar Induk Rau, Petugas Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya

Sementara itu, berdasarkan laman sembako.serangkota.go.id, website resmi soal daftar harga sembako Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, pada 1-3 Mei 2021 harga daging ayam broiler berada di kisaran Rp36.000-Rp38.000 per kilogram.

Rinciannya adalah di Pasar Lama dan Pasar Kepandean Rp38.000 per kilogram. Sedangkan di Pasar Induk Rau Rp36.000 per kilogram. Untuk harga ayam kampung Rp65.000 – Rp70.000 per ekor. (tohir/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp