DaerahKota Serang
Trending

Kamera Tilang Elektronik Bisa Pantau Pemudik Sembunyi di Mobil Angkutan Barang

SERANG, BANTEN RAYA- Ditrektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten akan memaksimalkan kamera electronic traffic law wnforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Kota Serang menjelang Lebaran 2021 masehi. Khususnya untuk memantau adanya pemudik dengan modus bersembunyi di dalam mobil angkutan barang

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Banten AKBP Hamdani mengatakan, tidak menutup kemungkinan modus pemudik bersembunyi di truk barang untuk mengelabui petugas kembali terjadi seperti tahun sebelumnya.

“Untuk itu kita akan mengoptimalkan kamera ETLE di tiga titik yang berada di Kota Serang. Biasanya, modusnya itu setengah barang, setengah orang. Penumpang ikut sopir truk. Kan sopir ada 2 orang tuh, kita cek ada 10 orang,” katanya saat dihubungi Banten Raya, Selasa (20/4/2021).

Menurut Hamdani, bagi pemudik yang tetap nekat melakukan mudik lebaran, dan kedapatan bersembunyi di dalam truk, maka personel kepolisian akan menindak tegas dengan memutarbalikkan kendaraan tersebut untuk kembali ke daerah asalnya

“Kita turunkan (penumpang) dan mobilnya kita putar balik. Nanti kita gabungan, dalam kegiatan operasi ketupat. Yang tidak terpantau petugas, nanti terekam akan kamera (ETLE),” ujarnya.

Hamdani menegaskan, kepolisian memeriksa dengan ketat truk dan angkutan lainnya, guna menghalau pemudik. Hal itu dilakukan sesuai dengan larangan mudik Lebaran oleh pemerintah, untuk mencegah penyebaran virus korona.

Baca juga

25 Mobil Plat Merah Kena Tilang Elektronik di Kota Serang, Rata-rata Lakukan Pelanggaran Ini

“Petugas di ruangan akan memberitahukan informasi kepada petugas yang berada di lapangan menggunakan HT (handy talky). Nanti kita tinggal panggil petugas kita untuk dilakukan pemeriksaan,” jelas Hamdani.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, kepolisian akan mulai melakukan penyekatan, antisipasi adanya pemudik mulai dari 25 April hingga 6 Mei 2021. “Untuk penindakan putar balik mulai berlaku pada pemutarbalikan hanya tanggal 6 hingga 17 Mei. Kita melarang mudik, dan tolong diimbau ke masyarakat,” katanya. (darjat/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp