Kota Serang
Trending

Kampung Wisata di Kota Serang Belum Ada yang Menonjol, Disparpora Lakukan Hal Ini

SERANG, BANTEN RAYA- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pariwisata Kepemudanan dan Olahraga (Disparpora) akan mengevaluasi sejumlah Kampung Wisata yang sudah dibentuk di Kota Serang. Sebab, sejauh ini belum ada satu pun Kampung Wisata yang sudah menjadi kampung rintisan menonjol dan dikenal oleh masyarakat luas.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudanan dan Olahraga Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, ia ingin ada satu atau dua Kampung Wisata yang ada di Kota Serang menonjol, sehingga menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Serang. Karena itu, mulai tahun ini ia tidak akan menitikberatkan pada pembentukan Kampung Wisata yang baru, namun lebih fokus pada mendorong dan menata Kampung Wisata yang sudah ada, sehingga bisa menjadi Kampung Wisata unggulan.

“Selama ini dari beberapa Kampung Wisata yang ada dan dibentuk melalui SK Walikota tapi belum ada yang menonjol,” ujar Yoyo, Kamis (18/2/2021).

Sejauh ini, kata Yoyo, bidang pariwisata yang ada di Disparpora Kota Serang sudah melakukan kunjungan ke Kampung Wisata yang sudah dibentuk oleh pemkot untuk melihat dan mengevaluasi bagaimana potensi wisata yang mereka miliki. Bila di kemudian hari Kampung Wisata yang sudah dibentuk ternyata diketahui tidak layak menjadi Kampung Wisata, maka bisa dievaluasi menjadi spot wisata tematik.

Dengan cara seperti ini maka Disparpora akan bisa fokus menata salah satu Kampung Wisata agar bisa menjadi Kampung Wisata unggulan di Kota Serang, ketimbang harus fokus menata banyak Kampung Wisata namun pada akhirnya tidak ada yang menonjol sama sekali. Untuk bisa menuju ke arah itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Kami akan coba push (dorong) Kampung Wisata sehingga bisa menjadi Kampung Wisata unggulan,” ujar Yoyo.

Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Kota Serang Maya Rani Wulan mengatakan, ia sudah mengunjungi sekitar lima Kampung Wisata yang ada di Kota Serang, di antaranya adalah Kampung Wisata Pancer, Kampung Wisata Sukadiri, dan Kampung Wisata Sayar 45. Ia juga sudah mencatat sejumlah catatan pada Kampung Wisata tersebut dan akan melaporkannya kepada kepala dinas sebagai bahan evaluasi.

Maya membenarkan bahwa salah satu kelemahan Kampung Wisata yang ada di Kota Serang adalah belum ada satu pun yang menonjol, sehingga menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Serang. Sampai saat ini destinasi wisata unggulan di Kota Serang masih berupa Kawasan Kesultanan Banten yang ada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

“Kami ingin ada Kampung Wisata yang menjadi unggulan di Kota Serang, sehingga menjadi tempat wisata alternatif selain Kawasan Kesultanan Banten,” ujarnya. (tohir/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp