DaerahKota SerangWisata & Kuliner
Trending

Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug, Destinasi Budaya dengan Lima Keunggulan

Bagian 1-2 (Bersambung)

SERANG, BANTEN RAYA- Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug yang berlokasi di Kampung Prapatan, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, merupakan kampung wisata yang menawarkan paket lengkap. Sebab, selain menyuguhkan wisata kesenian juga ada wisata edukasi dan rekreasi. Ada lima keunggulan yang bisa dinikmati di kampung wisata ini.

Wakil Ketua Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug Wini Daniatul Afiah mengatakan, kampung wisata yang masih dirintis itu memiliki lima keunggulan yang disebut dengan “lima umah”. Kata umah yang diambil dari bahasa Jawa Serang yang dalam bahasa Indonesia berarti rumah.

Lima umah itu adalah Umah Mangan, Umah Sayur, Umah Baca, Umah Seni, dan Umah Buah. Umah Mangan mewadahi dan memproduksi makanan khas Kota Serang, khususnya dari Kecamatan Curug. Selain mewadahi dan memproduksi juga dapat mengedukasi wisatawan atau pengunjung bagaimana membuat makanan tradisional khas Curug. Makanan-makanan khas itu misalkan bandeng picungan, keripik getas, rempeyek, gembleng, botok ratu ban, sayur tangkil, dan lain-lain.

Kampung wisata lima umah
Tersedia alat musik tradisional gamelan.

Umah Sayur merupakan program menanam sayur-mayur yang dipelopori oleh Kelompok Wanita Tani (KWT). Ada sejumlah tanaman sayur yang ditanami di lahan yang sudah diperutukkan sebagai lahan untuk menanam sayur. Beberapa sayuran yang ditanami misalkan tomat, cabai, sawi, pakcoy, terong, kangkung, dan bayam.

“Sayur-mayur ini sudah ada yang dipanen bahkan dijual,” kata Wini, Jumat (11/6/2021).

Tidak hanya berfungsi sebagai pekarangan yang bisa memenuhi kebutuhan sayuran warga, Umah Sayur juga bisa menjadi tempat edukasi bagi anak-anak bagaimana cara menanam dan panen sayuran. Anak-anak juga bisa mengetahui bagaimana bentuk tanaman sayur yang selama ini mereka makan.

Umah Baca merupakan taman baca masyarakat (TBM) atau perpustakaan milik masyarakat yang dikelola oleh Persatuan Mahasiswa (Perma) Curug dan Forum Anak Kecamatan Curug. Di Umah Baca ada banyak buku-buku yang menarik yang bisa dibaca oleh anak-anak dan pengunjung.

BACA JUGA: Kampung Wisata Ciomas, Ada Kafe di Atas Sawah, Kopi Dihidangkan Barista Profesional

Umah Seni merupakan umah berisi kegiatan kesenian. Dalam umah ini, ada tiga kesenian yang saat ini bisa dinikmati oleh pengunjung, yaitu kesenian musik, tari, dan pencak silat. Seni musik yang diajarkan selain musik kontemporer juga seni tradisi seperti karawitan dan lainnya.

Seni tari juga selain tari modern juga ada seni tari tradisi Banten seperti tari selamat datang khas Banten (tari wali jamaliha), jaipong, dan seni tari dari daerah lain di Indonesia. Beberapa Tarian yang sudah diciptakan Sanggar Nirmala yaitu Tari Putri Rara Denok, Tari Curug Bangde (Terbang Gede), dan Tari Kudung Kaibon.

Umah Buah menghadirkan segala macam buah yang tumbuh di Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug.

Wini mengungkapkan, Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug dibentuk sejak tahun 2017 dan mulai berproses pada tahun 2019. Awalnya kampung wisata ini hanya memiliki keunggulan di bidang seni dengan adanya Sanggar Tari Nirmala dan Sanggar Musik Karawitan Purbasari.

Kampung Wisata Lima Umah
Tersedia alat musik tradisional gamelan.

Namun dalam perjalanannya para pengurus terus menggali potensi yang ada di kampung sampai akhirnya menemukan ada lima potensi yang dinamai dengan umah itu.

“Kami menggali apa saja potensi yang ada di kampung kami,” katanya. (tohir)

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp