DaerahKota Serang
Trending

Kemenag Kota Serang Mulai Data Petugas Haji, Tanda Tahun Ini Bisa Berangkat Naik Haji?

SERANG, BANTEN RAYA – Mulai hari ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang diinstruksikan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Banten guna mendata petugas haji atau panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH). Biasanya pendataan petugas haji dilakukan ketika pemberangkatan haji akan dilakukan. Lalu akankah tahun ini jemaah haji bisa berangkat?

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Serang Deni Rusli mengatakan, tanda-tanda pelaksanaan haji akan segera dilakukan memang sudah mulai mucul satu per satu. Salah satunya adalah Kemenag di daerah diminta mendata petugas haji yang sudah lolos tes dalam seleksi PPIH 2019 lalu. Seharusnya, para petugas haji itu berangkat pada 2020. Namun karena ada pandemi Covid-19, maka mereka tidak jadi berangkat.

“Memang tanda-tandanya (akan berangkat haji-red) sudah ada,” kata Deni, Selasa (2/2/2021).

Informasi lain, kata Deni, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa Kota Madinah merupakan kota tersehat selama wabah Covid-19 berlangsung di dunia.

“Sayangnya sampai saat ini masih belum ada MoU (nota kesepahaman-red) antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi. Sebenarnya kita tinggal menunggu MoU,” katanya.

Kepala Kemenag Kota Serang Lukmanul Hakim mengatakan, perintah untuk mendata petugas haji bisa berarti bahwa pelaksanaan haji akan dilakukan tahun ini atau bisa sebaliknya. Namun, yang jelas bila pendataan dilakukan sehingga data petugas haji rapi, maka pelaksanaan haji dilakukan tahun ini atau tidak tetap akan berdampak positif. Sehingga ia tetap akan melakukan pendataan petugas haji.

“Kalau jadi berangkat tahun ini berarti data kita sudah rapi kalaupun berangkatnya nanti ya kan bagus aja kalau datanya rapi,” katanya. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp