DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Kota Serang Jadi Daerah Pertama Penyaluran BST, BPKP Pelototi Prosesnya

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah mulai menyalurkan kembali program bantuan sosial tunai (BST) di wilayah Provinsi Banten untuk periode Mei-Juni 2021. Pembagian dilakukan secara door to door ke masyarakat melalui PT Pos Indonesia. Seluruh prosesnya akan langsung dipantau oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima bantenraya.com dari BPKP Banten menjelaskan, BST disalurkan menyikapi situasi kasus pandemi yang meningkat. Selain itu juga adanya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Jawa dan Bali.

BACA JUGA: 11.000 Warga Kota Serang Bakal Dapat Bantuan Sosial dari Kemensos

Di Banten, daerah pertama yang memperoleh penyaluran BST periode Mei-Juni 2021 adalah Kota Serang, tepatnya yaitu Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya. Tercatat sejumlah 490 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak menerima BST. Penyaluran oleh petugas PT Pos Indonesia akan didampingi oleh Dinas Sosial Kota Serang dan aparat pemerintahan setempat.

Sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, BPKP bertugas melakukan pemantauan terhadap program-program prioritas pemerintah.  Terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya yaitu pemantauan terhadap penyaluran BST yang harus tepat waktu dan tepat sasaran.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Serang Danny Wahyu Saputra mengatakan, PT Pos Indonesia Cabang Serang baru pertama kali membagikan BST secara door to door ke masyarakat. Adapun nominal BST yang diterima oleh masing-masing KPM yaitu sebesar Rp 300.000 per bulan untuk periode penyaluran Mei-Juni 2021. Dengan kata lain, setiap KPM akan menerima Rp600.000.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Pembagian BST ini akan berlangsung hingga 18 Agustus 2021 untuk wilayah Provinsi Banten. Pembagian BST di sebagian besar wilayah Banten dimulai secara serentak pada 21 Juli ini,” ujarnya. (*/dewa/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp