DaerahKota Serang

Lansia dan Pelaku Usaha Warung di Kota Serang Terima Bantuan

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Serang menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak wabah Covid-19. Bantuan ini menyasar kepada warga lanjut usia (lansia) dan pelaku usaha warung kecil. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada 20 warga dari Kelurahan Pancur, Kelurahan Sayar dan Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Rabu (23/12/2020). 

Informasi yang dihimpun Banten Raya, bantuan yang disalurkan berupa 100 paket sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga lanjut usia, perbaikan warung sekitar 13 unit dari 5 kecamatan, pelaku usaha sebanyak 10 tenda warung dan 10 rombong motor. 

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan rentetan dari bantuan sebelumnya sejak April lalu. Pihaknya telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kota Serang. Dengan prioritas bantuan bagi warga lansia dan pelaku usaha.

“Tujuannya sebagai upaya memulihkan perekonomian masyarakat,” ujar Syafrudin.

Ia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan menekankan agar penyaluran bantuan ini jangan sampai tidak tepat sasaran. Sebab, bantuan tersebut bukan untuk orang yang kaya atau mampu. Akan tetapi prioritasnya adalah khusus untuk lansia dan orang-orang yang tidak mampu. Meski menurut Syafrudin, keadaan pandemi Covid-19 ini memang berdampak ke semua kalangan, baik orang yang mampu maupun orang yang tidak mampu. 

“Bantuan bedah warung juga jangan yang sudah bagus dibedah. Kemudian warung tenda dan rombong motor juga disampaikannya harus yang membutuhkan, jangan yang tidak butuh malah dikasih,” jelas dia.

Sementara, Kepala Disperindagkop Kota Serang Akhmad Zubaidillah menyebutkan, isi sembako yang disalurkan berupa beras 5 kilogram, minyak 1 liter, gula 1 kilogram dan tepung terigu 1 kilogram. Bantuan itu diperuntukam khusus bagi 100 lansia. “Bantuan ini menggunakan sumber dana dari APBD Perubahan 2020,” ujar Zubaidillah.

Ia menerangkan, kriteria yang mendapat bantuan tersebut adalah lansia dan warga miskin yang benar-benar diperhatikan yang terdampak pandemi Covid-19.

“100 paket sembako untuk tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pancur, Kelurahan Sayar dan Kelurahan Kalanganyar. Kemudian 10 tenda warung diberikan untuk masyarakat di dua kecamatan yaitu Kecamatan Taktakan dan Kecamatan kasemen,” terang dia.

Menurut Zubaidillah, bantuan ini hasil kerjasama dengan Kementerian Perdagangan yang diajukan oleh Pemkot Serang dalam program perdagangan. Untuk perbaikan warung berupa renovasi saja seperti pintu rolling, rak dan cat tembok.

“Warung yang masih pakai cantang, kalau di kita namanya kayu. Itu direnovasi sedikit diganti dengan rak jadi warung tradisional tapi tetep modern,” tandasnya. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: