DaerahKota Serang

Libur Nataru, Banten Lama Tetap Dibuka

SERANG, BANTEN RAYA – Sejak libur Natal dan hingga libur tahun baru (nataru) 2020-2021, objek wisata religi Banten Lama tidak ditutup. Sebab, Banten Lama merupakan tempat ziarah. Sebagai gantinya, diberlakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) di seluruh areanya. 

Demikian dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang Kusna Ramdani saat ditemui usai monitoring pos pengamanan (pospam) Nataru di Terminal Pakupatan, Kota Serang, Kamis (31/12/2020) malam.

“Kalau Banten Lama tempat ziarah, kita prokes saja karena siangnya ada petugas Satgasnya. Kita tekankan kepada Satgas di Banten Lama,” kata Kusna.

Ia menyebutkan, untuk pengamanan selama nataru pihaknya menerjunkan dua peleton atau sekitar 80 personel. Mereka bergabung dalam petugas gabungan.

“Kita turunkan dua peleton sekitar 80 orang dibagi dua tim. Satu tim dengan TNI-POLRI mutar atau patroli,” ungkap dia.

Dalam melaksanakan tugasnya, kedua tim tersebut akan terus melakukan patroli ke tempat-tempat wisata, tempat-tempat hiburan dan tempat-tempat yang menimbulkan kerumunan massa.

“Sekarang lagi prokes di Banten Lama. Kalau yang di Stadion MY (Maulana Yusuf), sekarang Satpol PP berusaha untuk mengimbau dan membubarkan kerumunan massa. Ini kan dipantau terus sampai pukul 00.00, kalau ada yang kerumunan pasti kita bubarkan,” katanya. 

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya pun monitor ke Pospam Pakupatan dan Pospam Alun-alun Barat Kota Serang bersama Forkopimda Kota Serang. Ia memastikan situasi di Kota Serang dalam perayaan pergantian malam tahun baru 2021 aman terkendali. Sebab, tempat-tempat wisata, tempat-tempat hiburan, dan tempat-tempat keramaian tidak ada.

“Alhamdulillah Kota Serang sampai malam tahun baru ini dalam keadaan aman terkendali dan kondusif,” kata Syafrudin. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp