DaerahKota Serang
Trending

Masjid Kuno Kaujon, Simbol Tempat Suci Kaum Muslim di Serang

SERANG, BANTEN RAYA – Kota Serang menyimpan banyak bangunan cagar budaya yang masih dilestarikan hingga kini. Dari sekian banyak cagar budaya itu, Masjid Kuno Kaujon yang berlokasi di Jalan RM. HS. Jayadiningrat, Lingkungan Kaujon Pasar Sore, RT/RW 01/01, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, masih berdiri kokoh. 

Diperkirakan usia masjid yang memiliki corak warna didominasi hijau dan kuning ini hampir 100 tahun. Masjid Kuno Kaujon merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Serang yang terus dilestarikan. 

Selain sebagai tempat ibadah, masjid dengan bangunan yang khas itu ternyata menyimpan banyak nilai tersembunyi. Salah satunya simbol tempat kaum muslim di Serang menyucikan diri dan hatinya.

Ketua DKM Masjid Kuno Kaujon Serang Muhamad Arif mengatakan, masjid yang dibangun bersamaan dengan pembangunan jembatan Kaujon tersebut merupakan warisan turun temurun para tokoh muslim di wilayah Kaujon.

“Masjid ini warisan turun temurun para kasepuhan di Kaujon,” kata Arif, kepada Banten Raya.

Ia menjelaskan, dibangunnya masjid tersebut adalah untuk menampung kaum muslim yang ingin menyucikan dirinya dengan beribadah kepada Allah SWT dan menjaga persatuan ummat muslim di Kota Serang. Bahkan, terdapat sisi bangunan yang mencerminkan tujuan dibangunnya mesjid dengan kondisi yang tetap kokoh.

“Ada beberapa bagian yang memang tidak direnovasi atau masih orisinil. Yaitu tiang penyangga dan tempat pengimaman atau mimbar. Tiang itu sudah membentuk dengan sendirinya dan langsung mengarah ke kiblat, sementara mimbar ada simbol gambar nanas yang telah dikupas dan belum. Karena dulu disini banyak sekali pohon nanas, artinya kalau masuk sini (masjid-red) itu suci,” jelas dia.

Baca juga

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Masjid Agung Ats-Tsauroh Rutin Disemprot Disinfektan

Arif mengungkapkan, karena akses yang dekat dengan Alun-alun Kota Serang, masjid tertua di Kota Serang ini diharapkan menjadi kekuatan kaum muslim untuk menegakkan shalat lima waktu serta menjadi pusat dakwah islam bagi masyarakat Kota Serang.

“Saya harap fungsinya masjid Kuno ini dapat tetap terjaga dan semakin banyak ummat muslim yang memakmurkannya,” terangnya. (harir/doni)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp