DaerahKota Serang
Trending

Oknum Pegawai Disdukcapil Kota Serang Diduga Jual Blangko Dokumen Kependudukan

SERANG, BANTEN RAYA- Sekda Kota Serang Nanang Saefudin mengaku mendapat kabar bahwa di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang terjadi praktik jual beli blangko dokumen kependudukan yang dilakukan oleh oknum pegawainya.

Pernyataan tersebut disampaikan Nanang di hadapan belasan pegawai Disdukcapil Kota Serang, saat dirinya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di OPD tersebut, Kamis (25/3/2021).

“Kemarin terjadi skandal di sini. Terjadi jual beli blangko. Saya tidak ingin dengar lagi di sini. Hilangkan kebiasaan itu dari Disdukcapil. Jadi jangan main-main, sudahlah berikan saja yang terbaik,” tegas Nanang.

Ia mengakui, bahwa honor yang diterima oleh tenaga harian lepas (THL) di Disdukcapil nilainya kecil yakni Rp1 juta per bulan. 

“Karena take home pay-nya kecil kan ya nanti akan kita pertimbangkan, karena anggaran kita memang relatif kecil,” kata dia.

Kedepan, pihaknya berencana untuk menambah honor para THL. Hal itu sebagai bentuk penghargaan Pemkot Serang terhadap para THL. 

“Ya nanti sesuai dengan usulan. Kalau usulan sih mungkin UMR (upah minimum regional). Kan yang paling baik kan begitu. Nanti kan kesehatannya segala macam, ya bila perlu honor-honor THL masukan saja ke penerima bantuan iuran kesehatan yang ada di kuota Pemkot Serang,” katanya.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Dinar Tricahyani dihubungi via ponselnya selama empat kali dalam keadaan aktif. Begitupun via chat WhatsApp untuk memohon izin wawancara hingga berita ini ditulis tak kunjung dibalas oleh yang bersangkutan. (harir/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp