DaerahKota SerangSerang
Trending

Pengadilan Agama Serang Luncurkan 4 Aplikasi Pelayanan, Salah Satunya untuk Urus Perceraian

SERANG, BANTEN RAYA – Pengadilan Agama Serang meluncurkan empat aplikasi yang akan memudahkan masyarakat dalam mengurus segala hal yang berurusan dengan pengadilan agama. Keempat aplikasi itu diluncurkan secara langsung oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nur Djannah, Senin (12/4/2021). 

Ketua Pengadilan Agama Serang Elvin Nailana mengatakan, keempat aplikasi yang diluncurkan itu yaitu aplikasi Simpel Pas, Mitra Pas, Pojok Movie Edukasi, dan GO-SPPA. 

Aplikasi Simpel Pas merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat ketika akan mendaftarkan atau menjalani proses peradilan di Pengadilan Agama Serang. Dengan hanya menggunakan ponsel di genggaman tangan, masyarakat bisa mengurus segala sesuatu tentang proses perkara yang sedang dijalani tanpa mengganggu aktivitas atau pekerjaan mereka. 

“Tapi dengan kemudahan ini bukan berarti mempermudah orang bercerai,” kata Elvin. 

Aplikasi Mitra Pas merupakan aplikasi berbasis data mengenai perkara-perkara yang diselesaikan di Pengadilan Agama Serang. Itu mulai dari perceraian, hak waris, dan lain sebagainya. 

Data-data ini bisa dipergunakan oleh perguruan tinggi untuk melakukan penelitian guna mengetahui penyebab masalah. Misalkan terkait perceraian, aplikasi nantinya akan membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Solusi itu akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah daerah guna menyelesaikan masalah yang ada. 

Selanjutnya, aplikasi Pojok Movie Edukasi merupakan aplikasi yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Pengadilan Agama Serang untuk menonton aneka film edukasi maupun dokumenter. Sehingga selama proses menunggu persidangan atau administrasi lainnya mereka tidak akan lagi merasa bosan berada di Pengadilan Agama Serang. 

Aplikasi terakhir yaitu GO-SPPA merupakan aplikasi yang bisa dinikmati oleh masyarakat ketika tidak bisa mengambil dokumen putusan pengadilan karena kesibukan atau alasan lainnya. Dengan aplikasi tersebut, masyarakat bisa meminta pengadilan mengirimkan berkas putusan perkara langsung ke rumah dengan menggunakan jasa pos. 

Elvin berharap, keempat aplikasi itu diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses dan menikmati pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Serang. Selain mudah juga efisien dan menekan biaya yang dikeluarkan masyarakat pencari keadilan. 

Walikota Serang yang diwakili oleh Asda III Kota Serang Imam Rana mengapresiasi aplikasi yang dibuat oleh Pengadilan Agama Serang tersebut. Ia berharap Pengadilan Agama Serang menyosialisasikan aplikasi itu sehingga lebih banyak masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan aplikasinya. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp