DaerahKota SerangNasional
Trending

Peresmian Jalan dan Sarana Sanitasi di Kota Serang, Mensos: Membangun Jalan Membangun Peradaban

SERANG, BANTEN RAYA – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini mengapresiasi langkah kemanusiaan Serikat Media Siber Indonesia dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Kota Serang. Pasalnya, SMSI turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) untuk masyarakat Lingkungan Jaha, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Minggu (7/2/2021).

“Saya salut dengan langkah kemanusiaan SMSI. Selama 20 tahun lebih saya menjadi PNS, baru pertama kali ada swasta, terlebih organisasi pers yang membangun jalan dan fasilitas MCK untuk masyarakat,” ujar Risma, dalam sambutannya dihadapan Sekda Banten Al Muktabar, Walikota Serang Syafrudin, Ketua Umum SMSI Firdaus, Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun. 

Menurut dia, peran SMSI yang telah membangun jalan dan membangun MCK sama halnya dengan membangun peradaban untuk masyarakat. 

“Ini luar biasa ini. Membangun jalan dan MCK ini sama halnya membangun peradaban. Membangun sanitasi mengajarkan kepada masyarakat untuk hidup lebih baik dan sehat. Terima kasih SMSI,” ucap dia.

Risma berharap, dengan pembangunan jalan ini akses ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat setempat bisa lebih berkembang.

“Jadi ini jangan dilihat sekadar jalan. Ini adalah akses ekonomi, sosial, dan budaya warga. Coba bayangkan kalau jalan ini berlumpur orang mau jualan susah, anak-anak mau sekolah susah, tapi dengan akses ini warga bisa cari nafkah dengan mudah. Warga bisa bersosialisasi dengan mudah. Ini hidup budayanya. Kalau sudah hidup budayanya kemudian akan terjadi hal-hal yang produktif,” jelasnya.

Ketua umum SMSI Firdaus mengatakan, pihaknya membangun infrastruktur jalan dan fasilitas umum MCK adalah karena ingin menginspirasi masyarakat. 

“Ini inisiatif kawan-kawan (SMSI) untuk bangun jalan dan MCK, terlebih masyarakat sini masih dolbon (buang air sembarangan-red),” kata Firdaus, dalam sambutannya. 

Sementara itu, Ketua panitia HPN SMSI M Nasir mengatakan, peringatan HPN terwujud atas partisipasi warga yang merelakan lahannya untuk dibangun jalan dan MCK.

“Panjang jalan 750 meter dan lebar 2,25 meter. Dan pembangunan sanitiasi MCK 16 unit. Nilai pembangunannya kurang lebih Rp1 miliar,” ungkap Nasir.

Di tempat yang sama, Walikota Serang Syafrudin menyambut baik dengan kontribusi yang dilakukan oleh SMSI. Ia berharap, kegiatan serupa dapat diadakan kembali di wilayahnya di masa yang akan datang.

“Atas nama Pemkot Serang, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan pembangunan ini. Semoga pembangunan jalan dan MCK ini bermanfaat untuk Kota Serang,” katanya. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp