DaerahKesehatanKota Serang

Rapid Antigen di Terminal Pakupatan, 21 Orang Dinyatakan Reaktif

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 21 orang dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test antigen yang diadakan oleh Kemenhub, Dishub Provinsi, Dishub Kota Serang dan Dinkes Kota Serang. Kepastian itu diketahui saat Walikota Serang Syafrudin monitoring ke Pos Pengamanan (Pospam) Natal dan tahun baru (nataru) 2020-2021 Terminal Pakupatan, Kota Serang, Kamis (31/12/2020) malam.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Pakupatan Kota Serang Waluyo Dianto mengatakan, rapid antigen digelar sejak empat hari lalu. Tercatat ada 21 orang penumpang yang dinyatakan reaktif. 

Ia merinci, hari pertama tes antigen sebanyak 114 orang, hasilnya negatif semua. Hari kedua 152 orang dites antigen, hasilnya 12 orang reaktif. Hari ketiga 78 orang dites antigen, hasilnya reaktif 2 orang. Dan hari keempat, 107 orang dites antigen, hasilnya tujuh orang reaktif.

“Itu (yang reaktif) masyarakat penumpang yang turun di Kota Serang dan warga terminal,” kata Waluyo, kepada awak media, ditemui di pospam.

Kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal mengatakan, untuk 21 penumpang yang dinyatakan reaktif sudah direkomendasikan untuk melakukan isolasi mandiri di kediamannya. 

“Nanti kita arahkan untuk melakukan PCR (polymerade chain reaction). Kalau PCR-nya positif, kalau tidak layak isolasi di rumah, kita kirim ke rumah singgah rusunawa bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala, rusunawa masih cukup,” ucap Ikbal. 

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya pun monitor ke Pospam Pakupatan dan Pospam Alun-alun Barat Kota Serang bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang. Ia memastikan situasi di Kota Serang dalam perayaan pergantian malam tahun baru 2021 aman terkendali. Sebab, tempat-tempat wisata, tempat-tempat hiburan, dan tempat-tempat keramaian tidak ada.

“Alhamdulillah Kota Serang sampai malam tahun baru ini dalam keadaan aman terkendali dan kondusif,” kata Syafrudin. 

Pantauan Banten Raya, turut hadir dalam kegiatan pemantauan pospan, Penjabat Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi. Kemudian Asda I Pemkot Serang Anthon Gunawan, Kabag Humas Polda Banten Kombes Edi Sumardi, Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungakas, Kepala Dishub Kota Serang Heri Hadi. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp