DaerahKota SerangKota Tangsel
Trending

Rencana Tangsel Buang Sampah ke Kota Serang Diundur, Ada Apa?

SERANG, BANTEN RAYA – Rencana Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan membuang sampah pada pekan pertama di Juni terpaksa harus mundur dari rencana. Pembuangan sampah itu diperkirakan baru akan dimulai pada triwulan keempat tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan, rencana Pemkot Tangsel yang sebelumnya bisa membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong di Kota Serang terpaksa harus diundur. Pihaknya meminta agar Kota Tangsel membuang sampah di triwulan keempat.

“Awalnya pekan pertama Juni tapi kami meminta supaya bisa diundur,” kata Ipiyanto, Senin (7/6/2021).

Ia menjelaskan, permintaan itu disampaikan karena DLH Kota Serang ingin agar persiapan pembuangan sampah secara maksimal terlebih dahulu. Pihaknya akan terlebih dahulu mengadakan alat berat karena memang cukup mendesak. Saat ini hanya ada satu ekskavator dan satu bulldozer. Itupun kondisinya sudah memprihatinkan karena sudah tua.

“Saat ini kami hanya punya 1 ekskavator dan 1 dozer. Itu pun kami beli tahun 2010 dan 2011,” katanya.

BACA JUGA: Tinggal Menghitung Hari, Tangsel Mulai Buang Sampah 400 Ton per Hari ke Kota Serang

Saat ini, kata Ipiyanto, pihaknya sedang mengurus kelengkapan berkas untuk menayangkan pengadaan alat-alat berat itu. Dalam dokumen yang dibuat, pengadaan alat berat membutuhkan tiga sampai empat buah agar persiapan penataan TPAS Cilowong sebelum sampah dari Tangsel datang lebih maksimal.

“Kami butuh 3-4 alat berat, minimal exavator 2 dan 1 bulldozer,” ujarnya. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp