DaerahKota Serang

Rp4,4 Miliar untuk Ruang Terbuka Hijau di Kota Serang

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Serang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Serang mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,4 miliar dari APBD Kota Serang tahun 2021, untuk program ruang terbuka hijau (RTH). Program diperuntukkan bagi kelanjutan pembangunan RTH di Kecamatan Walantaka dan Kecamatan Taktakan.

Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, anggaran Rp4,4 miliar itu dibagi untuk dua kegiatan. Pertama untuk kelanjutan pembangunan Alun-alun Walantaka berkisar Rp2,5 miliar, dan Rp1,9 miliar untuk pembangunan tahap pertama Alun-alun Taktakan. 

“Rp2,5 miliar itu melanjutkan pembangunan. Sementara Rp1,9 miliar itu untuk pembangunan saja. Itu di luar pembebasan lahan karena lahannya sudah ada sebagian,” kata Iwan saat ditemui Banten Raya di Setda Kota Serang, Selasa (29/12/2020).

Ia menjelaskan, progres pembangunan Alun-alun Kecamatan Walantaka pada tahun ini sudah mencapai sekitar 50-60 persen. Beberapa sarana seperti podium, taman, lahan untuk upacara, lahan parkir, toilet sudah dibangun. Adapun program di 2021 adalah penyelesaian hingga progres 100 persen pembangunan.

“Tinggal sisanya untuk penyempurnaan. Tahun 2021 Kecamatan Walantaka sudah memiliki Alun-alun Kecamatan. Untuk kegiatan pemerintahan dan kegiatan fasilitas publik,” ucap dia.

Ia mengungkapkan, untuk 2021 pelaksanaan pembangunan alun-alun tidak lagi menjadi kewenangan DPRKP. Ranahnya sudah berada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 90 Tahun 2019 .“Di luar fasilitas perumahan itu, kewenangan DLH,” terangnya.

Iwan menuturkan, pembangunan RTH di enam kecamatan merupakan program Pemkot Serang, dengan tujuan mengubah wajah Kota Serang.

“Sampai dengan akhir masa jabatan Pak Walikota dan Pak Wakil Walikota, targetnya di enam kecamatan sudah memiliki Alun-alun Kecamatan,” kata Iwan. (harir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d bloggers like this: