DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Sambut Tradisi Qunut, Penjual Kulit Ketupat Mulai Marak

SERANG, BANTEN RAYA – Menyambut tradisi qunut atau pertengahan Ramadan yang akan jatuh pada, Selasa (27/4/2021). Sejumlah pedagang kulit ketupat musiman mulai marak menjajakan dagangannya di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang sejak Minggu (25/4/2021). 

Salah seorang penjual kulit ketupat di PIR, Iwan mengatakan, dirinya berjualan kulit ketupat hanya musiman saja. Biasanya saat menyambut tradisi qunut, menjelang Hari Raya Idul Fitri dan jelang Hari Raya Idul Adha. 

“Ini mah sementara doang pas mau qunut saja. Kalau hari-hari biasa saya jualan buah-buahan,” ujar Iwan, ditemui di PIR, kemarin.

Ia mengaku sejak pagi buta sudah mulai menggelar dagangannya. Sebab, animo pembeli di PIR biasanya ramai sejak pagi dini hari.

“Saya dari jam 04.00 subuh. Alhamdulillah sudah ada yang beli,” ucap dia.

Iwan menjelaskan, harga untuk kulit ketupat yang sudah jadi ia jual dikisaran Rp10 ribu untuk 10 kulit ketupat. Ia mengaku, sudah ratusan kulit ketupat yang sudah terjual. “Sudah terjual 100 cangkang kulit mah. Berarti baru dapat Rp100 ribu. Itu kotor,” ungkap Iwan.

Kendatipun saat ini masih pandemi Covid-19, ia berharap penjualan kulit pada Ramadan 1442 Hijriah mendatangkan banyak pundi-pundi keuntungan. 

“Untungnya mah tipis kang. Tapi namanya jualan ya kadang rame kadang sepi. Ya mudah-mudahan aja ya tradisi qunut tahun ini kayak yang udah-udah sebelum ada korona,” harap dia.

Momen tradisi qunutan pun dimanfaatkan oleh pedagang kulit ketupat lainnya, Dodi. “Saya udah dua tahun jualan cangkang ketupat. Kalau hari-hari biasa mah serabutan,” kata Dodi.

Baca juga

Sudah Ditekuni Puluhan Tahun, Tukang Sol Sepatu Ini Pasrah Sepi Order di Masa Pandemi

Dirinya terpaksa beralih menjadi penjual kulit ketupat lantaran berharap mendapatkan berkah dari momen tradisi qunutan. 

“Tahun-tahun sebelumnya lumanyan bisa ngantongin Rp500 ribu dari hasil jualan dua selama tiga hari. Tahun ini ya mudah-mudahan aja namanya juga jualan ya,” katanya.

Dodi menyebutkan, kulit ketupat yang ia jual bervariasi jika ukuran kecil dijual Rp5000 untuk 10 kulit ketupat. Untuk ukuran kulit ketupat yang besar Rp10 ribu untuk 10 kulit ketupat.

“Kalau belum jadi 20 lembar daun janur Rp5.000. Janurnya dari Ciomas dan Cibaliung. Kalau yang udah jadi saya buat sendiri,” tutur dia. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp