DaerahKota SerangWisata & Kuliner
Trending

Sedapnya Menikmati Seruit Lampung yang Kaya Bumbu di Saung Enong

SERANG, BANTEN RAYA – Anda penikmat kuliner Lampung atau penasaran dengan kuliner khas Lampung? Jika iya, Saung Enong jawabannya.

Di rumah makan ini ada dua kuliner khas Lampung yang sengaja dijadikan sebagai iko dan ciri khas, yaitu seruit lampung dan pindang gabus. Sementara menu favorit yang disediakan adalah seafood brutal.

Seruit lampung merupakan makanan berbahan dasar ikan. Baik ikan tawar maupun ikan laut yang dimasak dengan cara dibakar. Ikan yang digunakan bisa dipilih sesuai selera. Seperti ikan gabus, gurame, nila, dan ikan laut. Tidak hanya ikan, bumbu-bumbu yang digunakan juga dibakar seluruhnya kecuali cabai.

Seruit lampung kaya akan bumbu dan rempah khas Indonesia. Bumbu yang dibakar seperti bawang merah, bawang putih, jahe, terasi, dan kencur. Dari semua bumbu yang digunakan, hanya cabai yang tidak dipanggang.

BACA JUGA: Kampung Wisata Ciomas, Ada Kafe di Atas Sawah, Kopi Dihidangkan Barista Profesional

Bantenraya.com berkesempatan mencicipi masakan di Saung Enong. Dari semua bumbu yang digunakan, yang paling menonjol adalah rasa kencur yang beraroma segar serta sambalnya yang pedas. Perpaduan harum kencur yang berpadu dengan pedasnya sambal membuat seruit lampung nikmat untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Apalagi bila memakannya pada siang hari.

Sementara pindang ikan gabus memiliki rasa asam gurih dan pedas pada kuahnya. Sementara daging ikan gabus yang lembut dan kenyal berpadu dengan kuah asam gurih pedas sehingga menjadi perpaduan yang pas pada makanan ini.

Khusnan, manajemen Chef Lokal yang juga chef Saung Enong mengaku, sengaja menonjolkan seruit lampung karena menurut pengamatannya masih jarang bahkan belum ada rumah makan di Serang yang menonjolkan makanan khas Lampung ini.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Di daerah Lampung sendiri seruit lampung dihidangkan pada saat ada acara besar seperti pernikahan khitanan dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi seruit lampung atau pindang gabus khas Lampung bisa mendatangi Saung Enong di Jalan Raya Pakupatan-Prisma, Kampung Lebak Gempol, Kota Serang. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp