DaerahKesehatanKota CilegonKota SerangKota TangerangKota TangselLebakPandeglangPemprov BantenSerangTangerang
Trending

Semua Kabupaten/kota di Banten Sekarang Masuk Zona Oranye Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten merilis jika seluruh kabupaten/kota di Banten kini masuk pada zona oranye penyebaran Covid-19, Senin (14/6/2021). Kenaikan kasus tersebut didominasi oleh penularan dari klaster keluarga.

Informasi yang dihimpun bantenraya.com dari Instagram Dinkes Banten di @dinkes_bantenprov, sehari sebelumnya hanya ada lima daerah yang masuk zona oranye. Kelimanya adalah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon dan Kota Serang. Tiga daerah lainnya yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang berada di zona kuning.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Hentikan Pemesanan Menu BTS Meal di McDonald’s Kota Serang

Sementara itu, adapun jumlah kasus terkonfirmasi positif di Banten hingga hari ini terhitung ada 52.104. Angka itu naik 225 kasus dibanding hari sebelumnya. Rinciannya, 1.887 masih dirawat, 48.796 sembuh dan 1.331 meninggal dunia

Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti membenarkan semua daerah di Banten kini masuk zona oranye. “Ya semua daerah masuk zona oranye. Kenaikan kasus masih didominasi oleh klaster keluarga,” ujarnya, Senin (14/6/2021).

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu menuturkan, saat ini dari 273 ruang intensive care unit (ICU) yang tersedia di Banten, 167 diantaranya telah terpakai dan tinggal tersisa 106 unit. Sementara tempat tidur isolasi dari 3.371 yang tersedia, 2.321 diantaranya dan kini terisan 1.050.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“BOR (bed occupancy rate) ICU 61,17 persen dan BOR TT (tempat tidur) isolasi 68,85 persen,” tuturnya.

Terkait hal itu, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 telah melakukan sejumlah langkah preventif dan kuratif. Pertama, meningkatkan tracing, testing dan treatment (3T). Kedua, mempercepat pelaksanaan kegiatan vaksinasi dan ketiga, menyiapkan tambahan kapasitas TT penanganan pasien covid, khususnya ICU. (dewa)

Related Articles

Back to top button