Kota Serang
Trending

Seperti Lebaran Bagi TTKKDH, Keceran Diusulkan Jadi Event Wisata

SERANG, BANTEN RAYA – Ketua Kesti Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) periode 2021-2026 Wahyu Nurjamil akan mengusulkan acaran keceran sebagai event wisata di Banten. Keceran merupakan tradisi yang dimiliki Tjimande yang digelar setiap bulan Maulid dalam penanggalan Hijriyah.

“Kita akan usulkan keceran sebagai event wisata di Banten, khususnya Kota Serang,” kata Wahyu, Minggu (21/2).

Wahyu mengatakan, bulan Maulid sudah seperti “lebaran” bagi para pengikut Tjimande. Sebab pada bulan itu ada sejumlah ritual yang biasa dilakukan. Salah satunya adalah tawasul.

“Tawasul itu membacakan kembali silsilah dan kasepuhan di Tjimande sebagai pengingat generasi selanjutnya akan jasa-jasa para kasepuhan Tjimande,” kata Wahyu.

Dalam acara keceran juga ada pembersihan mata dengan menggunakan air khusus yang berfungsi membersihkan mata dari kotoran. Selain itu agar mata lebih awas ketika melihat.

Wahyu Nurjamil terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kesti TTKKDH periode 2021-2026 dalam Musyawarah Besar V Kesti Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) yang digelar di Le Dian Hotel, Kota Serang, Sabtu (20/2) lalu. Wahyu akan memimpin organisasi silat ini selama lima tahun mendatang. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp