DaerahKota CilegonKota SerangPemprov BantenSerang

Serang-Cilegon Bakal Punya Busway Seperti DKI Jakarta

SERANG, BANTEN RAYA – Pemprov Banten berencana mengoperasikan moda transportasi umum berupa bus rapid transit (BRT) dalam beberepa tahun ke depan. Jalurnya pun telah disiapkan dan akan melintas di tiga daerah yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang dan Cilegon.    

Seperi diketahui, sejumlah daerah atau kota besar telah menggunakan BRT untuk moda transportasi umumnya. DKI Jakarta menjadi daerah pelopor yang dulu dikenal dengan istilah busway dan kini lebih familiar melalui nama Transjakarta. Metode serupa juga telah diaplikasikan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, penyediaan BRT sebagai angkutan berkapasitas massal dilengkapi jalur khusus yang tidak berhimpitan dengan trayek angkutan umum menjadi perhatian Pemprov Banten. Disiapkan agar mobilitas penduduk di wilayah Kota Serang, Kabupaten Serang dan Cilegon dapat terkoneksi dengan satu moda transportasi umum. 

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, pembangunan BRT nantinya akan memiliki tiga koridor. Koridor I, melayani rute dari Cikande di Timur menuju perbatasan Cilegon di barat sepanjang 41,7 km. Pada tahap pertama akan dibangun segmen Pakupatan-Cilegon. Sedangkan koridor II, melayani rute dari arah Banten Lama (Pasar Lama) di utara menuju Baros di selatan dengan panjang lintasan 18,1 km. Sementara untuk menghubungkan Banten Lama yang terintegrasi dengan Stasiun Serang Kota, dapat dilayani dengan bus sedang secara shuttle. Sebuah bus yang menurunkan di tempat-tempat tertentu atau point to point.  

“Lalu untuk koridor III, melintasi rute dari arah Alamanda Regency (Kota Serang) di utara dilanjutkan melalui Jalan Armada. Berlanjut ke Jalan Syekh Nawawi Al Bantani sampai dengan Kampus Untirta baru (Pabuaran, Kabupaten Serang) sepanjang 19,5 km,” ujarnya saat memberi sambutan dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Pelantikan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Banten 2020-2023 di Hotel Le Dian, Kota Serang, Selasa (29/12/2020).    

Pembangunan BRT, kata dia, sejurus dengan rencana dijadikannya tiga daerah yang dilaluinya sebagai kota metropolitan. Berdasarkan kajian Bappeda Banten terdapat sejumlah daerah yang kini masuk dalam klasifikasi sedang bersiap menjadi kota metropolitan. Ketiga daerah itu adalah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Cilegon (Seragon).

Dijelaskannya, sejumlah indikator telah dipenuhi oleh Seragon untuk menjadikannya sebagai kota metropolitan. Akan tetapi masih terdapat juga sejumlah indikator yang harus dipenuhi, salah satunyaa adalah berkaitan dengan transportasi.

“Yang paling dibutuhkan adalah sarana angkutan umum massal (SAUM) yang efektif dan efisien,” katanya. (dewa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d bloggers like this: