DaerahKota Serang
Trending

Setelah Gelar Mancing Mania, Kini Giliran Warga Kota Serang Lainnya Tanam Pohon di Jalan Rusak

SERANG, BANTEN RAYA- Warga Perumahan Lebak Indah, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, Kota Serang, melakukan aksi menanam pohon di kubangan jalan lingkungan perumahan, Kamis (18/2/2021). Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes kepada Pemkot Serang. Sebab, hampir 30 tahun jalan lingkungan perumahannya kondisinya rusak parah tanpa pernah ada perbaikan.

Pantauan Banten Raya di lokasi, sekitar pukul 14.30 WIB empat orang warga setempat menanam pepohonan di tengah kubangan jalan lingkungannya. Hampir seluruh permukaan jalan rusak berlubang.

Sekretaris RT03/RW 05 Supandi mengatakan, aksi tanam pepohonan di tengah jalan itu, karena jalan ini rusak terlalu lama dan masyarakat terlalu jengkel tidak ada realisasi pembangunan. 

“Ditanami pepohonan karena masyarakat sudah jengkel,” ujar Supandi saat ditemui di lokasi.

Ia mengungkapkan, jalan rusak ini sudah terjadi lama dan hingga kini belum pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Padahal aset milik perumahannya termasuk jalan, telah diserahkan kepada Pemkot Serang, namun pembangunan jalan belum pernah terealisasi sampai sekarang. 

“Pernah mengajukan ke Dinas Perkim Kota Serang, tetapi sampai sekarang belum ada realisasi selama saya tinggal di sini 30 tahun,” ungkap dia.

Supandi menjelaskan, penanaman pohon ini sebagai bentuk sindiran kepada pemerintah daerah, agar melihat serta cepat diperbaiki jalan rusak ini. 

“Iya jelas, biar pemerintah matanya melihat kalau jalan ini sudah lama tidak tersentuh,” katanya.

Ia mengungkapkan, akibat jalan rusak ini banyak kecelakaan, seperti warga yang tengah mengendarai sepeda motor terjatuh, yang naik sepeda terguling, dan bahkan sampai yang mengayuh becak pun terguling. 

“Ya tiap hari. Parahnya saat musim hujan seperti ini, banjir terus. Tergenang kayak gini kayak empang,” tutur Supandi.

Supandi sangat berharap dengan aksi ini pemerintah cepat menindaklanjuti dan memperbaiki jalan perumahannya. Hal itu agar arus transportasi pengguna jalan kembali lancar.

“Kami minta jalan ini secepatnya diperbaiki. Kalau begini kan enggak sesuai dengan namanya Lebak Indah, tapi enggak indah dalamnya. Kami juga menginginkan jalan mulus supaya aksesnya lancar. Yang lewat sini bukan warga Lebak Indah aja loh, tapi warga Bumi Serang Baru juga lewat sini terus,” jelasnya.

Menanggapi keluhan itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, pihaknya telah memprogramkan perbaikan jalan Perumahan Lebak Indah akan dibangun tahun ini. 

“Tahun ini kita bangun, dengan program pemeliharaan. Minggu depan survei,” singkatnya saat dihubungi via chat WhatsApp (WA), Kamis (18/2/2021) sore.

Ia mengakui bahwa fasilitas umum dan fasilitas sosial (fasos fasum) milik Perumahan Lebak Indah telah jadi milik Pemkot Serang. “Ya semuanya sudah diserahkan,” tegasnya. 

seperti diketahui sebelumnya, aksi protes jalan rusak juga dilakukan oleh warga Lingkungan Ciemas Raya, Kota Serang, melakukan aksi protes jalan rusak dengan cara yang unik. Caranya dengan memancing di kubangan jalan rusak yang dianggap seperti kolam ikan. 

Aksi itu tepatnya dilakukan di ruas Jalan Cipocok Jaya-Pulojajar, di Lingkungan Ciemas Raya, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (10/2/2021). (harir/rahmat)

Baca juga

Protes Jalan Rusak, Warga Kota Serang Mancing di Kubangan Jalan

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp