DaerahHukum & KriminalKota Serang
Trending

Siap-siap! Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Kota Serang, Ini Titik-titiknya

SERANG, BANTEN RAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Banten bakal segera menerapkan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Kota Serang. Program tersebut akan mulai diberlakukan pada April mendatang. 

Kasat Lantas Polres Serang Kota AKP Gesit Febriyatmoko membenarkan, Kota Serang jadi daerah pertama di wilayah hukum Polda Banten yang akan penerapan sistem ETLE. Terkait hal itu, pemasangan kamera pengawas atau CCTV pun mulai dilakukan dari Jalan Kemang hingga Alun-alun Kota Serang atau dari Jalan Jendral Sudirman hingga ke Jalan Veteran.

“Jalan protokol, saya sudah menyarankan untuk pemasangan CCTV mulai dari Rel Kereta Panancangan sampai ke Alun-alun. Maret disosialisasikan sekaligus uji coba. Nah, bulan April baru bisa diterapkan,” ujarnya.

Diungkapkannha, untuk tahap kedua pemasangan CCTV akan dilakukan mulai dari Simpang Empat Kebon Jahe hingga Palima. Jika semua titik telah dipasang CCTV, petugas cukup memantau pengendara melalui layar monitor.

“Kalau ada pelanggar yang terlihat di CCTV, nanti petugas mencatat dan mengirimkan surat konfirmasi kepada pengendara bahwa yang bersangkutan pelanggarannya ini dan sanksinya ini,” paparnya.

Gesit menegaskan, di Februari ini anggota Satlantas Polres Serang Kota akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sambil mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung.

“SDM (sumber daya manusia)-nya masih kita latih, sehingga saat pelaksanaan sudah bisa dilakukan,” tegasnya. (darjat)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp