DaerahKesehatanKota Serang
Trending

Siapa Sangka, Upah Jadi Seorang Perawat di Kota Serang Ternyata Cuma Segini

SERANG, BANTEN RAYA- DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Serang menyatakan, penghasilan para perawat di Kota Serang sampai saat ini secara rata-rata masih berada di bawah upah minimum kota (UMK) Kota Serang. Perlu ada ada keberpihakan terhadap perawat dalam hal penghasilan agar kesejahteraan para perawat di Kota Serang semakin baik.

Demikian disampaikan Ketua DPD PPNI Kota Serang Toyalis saat perayaan hari ulang tahun ke-47 PPNI yang digelar oleh DPW PPNI Provinsi Banten, di Le Dian Hotel, Kota Serang, Rabu (17/3/2021). 

“Upah perawat saat ini di kisaran Rp3 juta dan itu di bawah UMK Kota Serang yang mencapai Rp3,8 juta,” katanya.

Tidak hanya persoalan masih rendahnya upah yang diterima oleh para perawat, kata Toyalis, masalah yang dihadapi oleh PPNI Kota Serang juga masih adanya para perawat yang belum mendapatkan pekerjaan. Karena itu yang meminta kepada pemerintah daerah untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi para perawat yang sampai saat ini masih menganggur.

“Persoalan kesejahteraan itu yang utama,” kata Toyalis seraya menambahkan saat ini di Kota Serang terdapat 500 lebih perawat yang terdaftar sebagai anggota PPNI.

Ia mengungkapkan, perawat merupakan salah satu unsur dari tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam menolong manusia. Bahkan ketika saat ini terjadi pandemi Covid-19 para perawat juga menjadi garda terdepan menghadapi virus Covid-19 demi menyelamatkan orang lain.

Meski berada di garda paling depan dan bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19, Toyalis bersyukur sampai saat ini nih belum ada satu pun perawat di Kota Serang yang dilaporkan meninggal dunia karena sebab Covid-19.

Bendahara DPD PPNI Kota Serang Mukhlisin mengatakan, kemarin adalah acara puncak HUT ke-47 PPNI. Sebelumnya, rangkaian peringatan HUT ke-47 PPNI sudah berjalan dengan sejumlah kegiatan, seperti sosialisasi Covid-19 dan vaksinasi di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya di wilayah kerja mereka. Di masa pandemi Covid-19 ini, itulah yang bisa dikerjakan oleh para perawat di tempat mereka bekerja. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp