DaerahEkonomi & BisnisKota Serang
Trending

Stok Sembako di Kota Serang Jelang Lebaran Aman, tapi Harganya Mulai Merangkak Naik

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Serang memastikan jika stok sembako jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Serang aman. Ketersediaan bahan pokok baik di pasar maupun ritel aman hingga tiga bulan ke depan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopperindag) Kota Serang Um Rochmat Hidayat mengatakan, secara umum seluruh komoditas bahan pokok tersedia di pasaran Kota Serang. Stok terpantau aman untuk 30 hingga 90 hari ke depan.

Itu terutama untuk bahan pangan seperti beras, minyak, daging sapi, daging ayam ras, terigu hingga cabai merah keriting, cabai merah besar.

“Untuk stok Insya Allah aman untuk 30 hingga 90 hari ke depan, namun untuk harga saat ini masih fluktuatif karena menjelang hari raya,” ujarnya, Minggu (9/5/2021). 

BACA JUGA: Sidak di Pasar Induk Rau, Petugas Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya

Dipaparkan Rochmat, beberapa bahan pokok mengalami fluktuasi dengan kenaikan harga yang terdiri atas cabai rawit hijau naik 9 persen per kilogram ,bawang bombai naik 18 persen, cabai rawit hijau naik 11 persen kilogram naik 11 persen. Cabai merah besar naik 11 persen, cabai merah keriting naik 21 persen dan ikan tongkol naik 14 persen.

Diungkapkannya, kenakan harga bisa terjadi menjelang hari raya. Pasalnya, di periode tersebut permintaan meningkat cukup tinggi sehingga memengaruhi harga.

“Sementara itu terdapat juga harga komoditas yang turun adalah ayam broiler turun 5 persen, Ayam Kampung turun 11 persen, Bawang Merah turun 6 persen,” tuturnya. (doni)

Related Articles

Back to top button