DaerahKota SerangWisata & Kuliner
Trending

Tempat Wisata di Kota Serang Tetap Buka Selama Libur Lebaran

SERANG, BANTEN RAYA –  Selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, semua tempat wisata di Kota Serang akan tetap buka. Berdasarkan pendataan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang sedikitnya ada enam tempat wisata yang akan tetap buka selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, selama libur Hari Raya Idul Fitri 2021 semua tempat wisata yang ada di Kota Serang akan tetap buka. Hal ini karena Kota Serang masih berstatus zona kuning Covid-19 sehingga masih memungkinkan adanya tempat wisata yang buka. 

Meski demikian, catatan penting dari pembukaan tempat wisata ini adalah tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dengan tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Karena zona kuning maka pada prinsipnya tempat wisata diizinkan (buka-red) tetapi dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya, kemarin.

Adapun keenam tempat wisata di Kota Serang yang tetap buka selama liburan Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 yaitu, Kawasan Kesultanan Banten Lama, Mahoni Bangun Sentosa (MBS), Wisata Ziarah Kapal Bosok, Aqualand, Waterboom Tembong, dan Banten Girang.

Yoyo mengungkapkan, pengelola tempat wisata meski diperbolehkan buka selama liburan Lebaran tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti menerapkan 5M, membatasi jumlah pengunjung, dan membatasi jam operasional.

“Membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari total kapasitas,” katanya.

BACA JUGA: Aman Berlibur Lebaran dari Covid-19, Ini Tips dari Para Ahli

Untuk memastikan semua aturan itu diterapkan oleh pengelola tempat wisata, kata Yoyo, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang akan melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat wisata itu. Selain pengawasan oleh dinas sendiri, ia juga meyakini akan ada pengawasan dari Satgas Covid-19 Kota Serang.

“Sesuai arahan pemerintah daerah dan pemerintah pusat kami akan melakukan pengawasan,” ujarnya.

Terkait penyaringan terhadap pengunjung dari zona merah, Yoyo menyatakan hal itu di luar kewenangan pihaknya. Terhadap pengunjung itu, ia menyatakan bahwa hal itu diserahkan kepada petugas yang melakukan penyekatan pengunjung dari Jabodetabek dan sekitarnya.

Kepala Satpol PP Kota Serang Kusna Ramdani mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya akan tetap melakukan pengawasan ke lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Serang. Pihaknya tidak akan segan-segan membubarkan massa bila terjadi kerumunan karena berpotensi terjadi penularan Covid-19 di antara pengunjung.

BACA JUGA: Wisata Ziarah di Banten Didorong Jadi Percontohan Program Toilet Sehat

“Pengunjung hanya diperbolehkan sebanyak 50 persen dari kapasitas. Karena itu harus ada pengaturan,” katanya.

Kusna mengatakan, pengaturan bisa dilakukan dengan menerapkan satu pintu keluar masuk. Atau dengan mengontrol jumlah karcis yang ada yang dibarengi dengan adanya pemantauan jumlah pengunjung yang keluar. Dengan menerapkan protokol ini maka tempat wisata akan tetap diperbolehkan beroperasi. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp