DaerahKota Serang
Trending

Tindaklanjuti Temuan BPK, Pemkot Serang Bentuk Tim

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Serang mulai menindaklanjuti temuan dan catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2020. Hal tersebut dilakukan setelah diterbitkannya Surat Perintah Walikota Serang kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). 

Inspektur Kota Serang Komarudin mengatakan, bahwa Walikota Serang telah mengeluarkan surat perintah kepada seluruh OPD untuk menindaklanjuti setiap temuan BPK di masing-masing OPD. Ia pun sudah meminta mereka untuk segera melaksanakan.

Ia menjelaskan, temuan BPK pada pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemkot Serang mayoritas merupakan temuan administrasi, meski ada juga temuan yang bersifat materiel. Terlepas dari itu, kedua temuan itu sama-sama menjadi prioritas untuk segera diselesaikan dan ditargetkan selesai sebelum 60 hari ke depan sesuai dengan prosedur. 

“Memang catatan dari BPK itu ada yang sifatnya administratif ada yang sifatnya materil. Tapi lebih banyak yang administrasi. Untuk yang administratif kami akan segera selesaikan administrasinya. Begitu pula dengan temuan yang sifatnya materil akan segera kami selesaikan paling lambat 60 hari,” ujar Komarudin, Selasa (25/5/2021). 

Untuk temuan yang sifatnya administrasi, kata Komarudin, disebabkan ada kesalahan dalam prosedur. Misalnya, ada perencanaan suatu kegiatan tapi tidak sesuai dengan pelaksanaan. Karena itu ke depan mulai dari perencanaan sampai akhir kegiatan harus dimatangkan. 

“Riilnya dilakukan teguran berjenjang mulai dari Walikota hingga ke PPTK,” tuturnya. 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Kota Serang Gondol Opini WTP BPK Empat Kali Beruntun

Sementara itu, Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Serang Subagyo mengatakan, dalam penindaklanjutan catatan BPK, Pemkot Serang telah membentuk Tim Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK melalui Keputusan Walikota, khusus untuk menyelesaikan temuan-temuan tersebut. 

“Tim dipimpin langsung Pak Sekda, pembinanya Pak Walikota dan pengarahannya Pak Wakil Walikota,” ujarnya. (tohir)

Related Articles

Back to top button