DaerahKota SerangPendidikan
Trending

Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Serang Luncurkan Perpustakaan Keluarga

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang meluncurkan perpustakaan keluarga di Lingkungan Pekijing, Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Rabu (28/4/2021). Peluncuran perpustakaan keluarga ini dalam rangka meningkatkan minat baca di Kota Serang.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin berkesempatan melaunching acara tersebut dengan ditandai mendonasikan buku yang dimasukan kedalam box (kotak) perpustakaan keluarga. Box tersebut selanjutnya akan dibagikan kepada 50 rumah warga atau kepala keluarga (KK) di Lingkungan Pekijing.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan, peluncuran perpustakaan keluarga ini dalam rangka meningkatkan minat baca di Kota Serang khususnya di Lingkungan Pekijing.

“Ya ini pertama dilaunching karena memang ini non APBD. Kemarin kita dapat 50 box dari BJB untuk perpustakaan keluarga,” ujar Wahyu kepada Banten Raya usai acara peluncuran.

Ia menjelaskan, launching perdana ini sengaja dilaksanakan di Lingkungan Pekijing, karena lingkungan ini berhasil menjadi juara umum lomba Kampung Resik Lan Aman (KRLA) 2020. 

“Maka kami berkewajiban untuk men-support hasil dari kerja keras masyarakat Pekijing,” jelas dia.

Wahyu mengaku, pihaknya akan melakukan evaluasi secara komprehensif di melalui tahapan-tahapan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Ia menyebutkan, box perpustakaan keluarga yang disediakan sebanyak 50 kotak untuk 80 rumah.

“Jadi kita masuk ke keluarga itu evaluasinya berapa buku yang dibaca setiap bulan. Terus dari buku itu apa manfaatnya untuk masyarakatnya dan anak-anak usia dini,” ucap dia.

Ia menuturkan, jika program perpustakaan keluarga di Pekijing ini berhasil, maka pihaknya berencana akan melakukan hal serupa di lingkungan-lingkungan lainnya di Kota Serang.

Baca juga

DPK Banten Dekatkan Layanan Literasi

“Nah kalau ini berhasil, kami akan bekerja sama lagi dengan BJB untuk di lingkungan-lingkungan lainnya. Tapi saya belum bisa menentukan lokasinya di mana. Kita lihat dulu hasil evaluasinya,” tuturnya.

Kegiatan peluncuran perpustakaan keluarga turut dihadiri Camat Taktakan Ahmad Syaifullah, perwakilan BJB Banten dan pengurus Taman Baca Masyarakat (TBM) Kota Serang. (harir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp