DaerahKota Serang
Trending

Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Serang Capai Rp148,7 Miliar

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang mencatat tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) warga di Ibukota Provinsi Banten itu mencapai Rp148,7 miliar. Jumlah tunggakan tersebut diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi sejak 1993 hingga Desember 2020. 

Sekretaris Bapenda Kota Serang Soni August mengatakan, saat ini pihaknya memang sedang fokus menindaklanjuti tunggakan PBB pasca diterimanya data dari pemerintah pusat.

“Kalau jumlah penunggaknya ribuan yah. Tapi nominalnya sekitar Rp148,7 miliar,” ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Ia menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan cleansing data. Metode itu adalah mengklasifikasi antara piutang lancar, piutang tidak lancar dan piutang macet. 

“Hasil dari cleansing data tersebut, awalnya saldo piutang mencapai Rp170 miliar dihitung sejak tahun 1990. Kemudian menyusut dengan saldo akhir sebesar Rp148,7 miliar terhitung sejak 1993 hingga Desember 2020,” jelasnya

Upaya selanjutnya, Bapenda melanjutkan dengan evaluasi wajib pajak dan subjek pajak, terutama dari piutang yang macet.

“Terakhir kami menjemput pembayaran secara door to door kepada wajib pajak bekerja sama dengan mitra kerja yaitu BJB (Bank Jawa Barat dan Banten),” tuturnya. (doni)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp