DaerahKota SerangPendidikan
Trending

Unpam Ungkap Rahasia Mengapa Biaya Kuliahnya Murah

SERANG, BANTEN RAYA – Rektor Universitas Pamulang (Unpam) Nurzaman akhirnya mengungkapkan mengapa biaya kuliah di perguruan tinggi yang dipimpinnya itu lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta lain. Ia mengatakan, sebenarnya biaya kuliah di Unpam secara nilai masih standar dan mematuhi ketentuan yang yang disyaratkan oleh pemerintah yaitu Rp18 juta per tahun per mahasiswa.

Hanya saja, ada subsidi silang yang dilakukan oleh Yayasan Sasmita Jaya kepada universitas tersebut sehingga biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa lebih ringan dibandingkan yang seharusnya mereka bayar. Hal itu juga yang akan diberlakukan kepada Universitas Soetomo, kampus di bawah Yayasan Sasmita Jaya, yang sedang dibangun di Kota Serang.

“Universitas Soetomo Insya Allah berniat baik untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi,” ujar Nurzaman, Minggu (21/3/2021).

Nurzaman mengungkapkan, Yayasan Sasmita Jaya memiliki sejumlah bidang usaha. Dari usaha yang dijalankan inilah maka yayasan memiliki keuntungan secara finansial. Dengan demikian, mereka bisa menyuntikkan dana sebagai subsidi silang kepada lembaga pendidikan Unpam atau nanti untuk Universitas Soetomo yang ada di Kota Serang. 

Dengan adanya subsidi silang dari yayasan itu maka universitas memiliki cukup dana untuk menjalankan aktivitas perkuliahan termasuk penelitian di kampus tersebut.

“Jadi yayasan kami tidak hanya mengandalkan SPP (sumbangan pembinaan pendidikan),” katanya.

Nurzaman mengatakan, sejak awal yayasan sudah berkomitmen mereka yang memikirkan bagaimana mencari uang untuk memenuhi kebutuhan universitas. Sementara manajemen kampus hanya ditekankan agar mengurus kampus dengan sebaik-baiknya sebagaimana mestinya. (tohir)

Baca juga 

Dinilai Terlalu Murah, Perguruan Tinggi Swasta Adukan Unpam ke Walikota Serang

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp