DaerahKota SerangPendidikan

Untirta Gelar Seminar Green Campus

SERANG, BANTEN RAYA – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Smart and Green Kampus Bebasis UI Green Metric World University Rankings. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari tersebut menghadirkan pembicara Riri Fitri Sari, Ketua UI Green Metric World University Rankings, Kamis (7/1/2021).

Rektor Untirta H Fatah Sulaiman dalam arahannya menyampaikan bahwa melalui visi misinya Untirta berkomitmen untuk membangun kampus yang smart, green dan sustainable. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Untirta.

Dalam kesempatan itu, Rektor Untirta mengajak kepada seluruh peserta workshop yang hadir secara daring dan luring, untuk memiliki satu pemahaman yang sama, yaitu Untirta merupakan kampus smart and green. 

“Di kampus baru ini (Kampus Untirta Sindangsari. Red) akan menjadi model kampus smart and green sustainability di kawasan Asean Tahun 2030,” katanya.

Di lokasi yang sama, Riri Fitri Sari dalam materinya mengenai Governance of Green and Healthy Lifestyle in Sustainable Campus menyampaikan bahwa semua lembaga pendidikan saat ini sangat berkompetisi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. 

“Saya yakin target 2030 Untirta menjadi kampus yang smart green and sustainable di kawasan Asean dapat terwujud dengan semangat kebersamaan jiwa dan raga,” ujarnya.

Ia menambahkan bahawa penggunaan teknologi terbaru menjadi penting. Selain itu semangat mahasiswa sangat mempengaruhi perkembangan kampus agar sustainable. Ia menilai, untuk menciprkana smart green and sistainable tidak cukup berdasarkan bagunan fisik, namun harus dibarengi dengan mental civitas akademik Untirta.

“Raga saja seperti bangunan fisik masih belum cukup untuk mewujudkan green campus, tetapi harus ditunjang pula dengan jiwanya/isinya, seperti sumber daya manusia yang mumpuni dan mendukung, sehingga akan membuat Untirta smart, green dan sustainable di kawasan Asean tahun 2030,” ungkapnya. 

“Saya melihat Untirta sebagai kampus masa depan, karena saat ini saja gedungnya sudah menggunakan teknologi terkini,” smabung Riri.

Namun, isu dan tantangan menjadikan kampus smart, green and sustainable harus menjadi perhatian serius. Isu dan tantangan tersebut, diantaranya biaya perawatan kampus, kebersihan keindahan dan keselamatan, manajemen pengelolaan kampus dan kesadaran lingkungan yang bersih, sehat, aman dan berkelanjutan.

“Saya menilai Untirta berkomitmen terus meningkatkan kualitas sesuai dengan visi misi Untirta sebagai universitas yang smart, green dan sustainable di kawasan Asean Tahun 2020 dengan semangat kebersamaan,” tutupnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: