DaerahKota Serang
Trending

Walikota Serang Minta Dibuatkan Pelabuhan Internasional

SERANG, BANTEN RAYA – Walikota Serang Syafrudin mengusulkan Pelabuhan Karangantu yang berlokasi di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, agar dibangun. Hal itu lantaran Pelabuhan Karangantu memiliki nilai historis di masa Kesultanan Banten karena pernah menjadi pelabuhan internasional.

Usulan ini terungkap usai Syafrudin menghadiri kunjungan spesifik anggota Komisi V DPR RI ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Rabu (16/6/2021).

Syafrudin mengatakan, pihaknya menginginkan Pelabuhan Karangantu untuk dibangun, sehingga nantinya pelabuhan tersebut menjadi pusat perdagangan dunia seperti pada masa kolonial Belanda.

“Pelabuhan Karangantu dulunya menjadi pelabuhan internasional. Ini juga perlu kita pikirkan, supaya Pelabuhan Karangantu ini menjadi pelabuhan internasional,” ujar Syafrudin.

BACA JUGA: 3 Bocah Tewas Tenggelam di Proyek Kanal Banten Lama

Usulan lainnya, ia juga menyampaikan aspirasi perihal masalah banjir yang seringkali terjadi di wilayah Kelurahan Banten. Sebab setiap tahun terjadi banjir rob tepatnya di Lingkungan Pancer, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen.

“Itu pasti setiap tahun terjadi bencana rob. Tingginya sekitar 1 meter sampai 1,5 meter,” ungkap dia.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui anggota Komisi V DPR RI agar dapat menyampaikan aspirasinya.

“Jadi kami mengusulkan untuk bisa semacam ada penyanggah atau pemecah rob, sehingga air gak masuk ke perkampungan,” pinta dia.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi V DPR RI Dapil Banten Tubagus Haerul Jaman mengaku, pihaknya berjanji akan mendorong pembangunan Pelabuhan Karangantu. Hal itu agar Pelabuhan Karangantu menjadi pelabuhan komersil, karena lokasinya yang sangat strategis di masa kolonial Belanda.

“Kita akan coba untuk dorong agar Pelabuhan Karangantu tumbuh berkembang lagi menjadi pelabuhan komersil yang dapat bisa dimanfaatkan,” kata Jaman.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

Ia mengaku, tidak ada kendala untuk merealisasikannya, namun untuk mewujudkan keinginan tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan.

“Tentu ini kan ada proses dengan peningkatan hal tersebut. Tetapi kita tetap upayakan agar kedepan dapat terwujud. Termasuk anggarannya nanti kan ada kajian sehingga anggarannya belum bisa diketahui,” tandasnya. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp