Kota Serang
Trending

Warga Kota Serang Pukul Tentara Israel

SERANG, BANTEN RAYA- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan penyiksaan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap warga Palestina. Teatrikal tersebut dilakukan dari depan kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten hingga Alun-alun Kota Serang, Senin (17/5).

Dalam teatrikal itu, para mahasiswa menampilkan empat orang Palestina yang disiksa oleh empat tentara Israel. Sepanjang jalan, warga Palestina mengaduh kesakitan dan meminta pertolongan saat disiksa oleh tentara Israel. Beberapa warga Kota Serang yang melihat pun memberikan dukungan kepada para pemeran Palestina dan ada pula yang ikut memukul pemeran tentara Israel.

Koordinator unjukrasa Walinegara mengatakan, HMI MPO Cabang Serang mengecam penyerangan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap warga Palestina. Apalagi penyerangan dilakukan sejak bulan puasa Ramadan lalu di mana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa wajib. Ia menegaskan, penyerangan yang dilakukan oleh Israel merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

“Apa pun alasan yang disampaikan oleh Israel, penyerangan terhadap Palestina sangat tidak bisa diterima oleh kemanusiaan,” ujar Walinegara.

Ia mengatakan, pihaknya juga mempertanyakan sikap dari para pemimpin negara Islam dan negara dengan mayoritas penduduk muslim, yang sampai saat ini tidak membuat tindakan konkret untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Sejauh ini yang dilakukan hanya pernyataan semata.

“Belum ada tindakan nyata dari para pemimpin negara Islam dan negara yang mayoritas beragama Islam seperti Indonesia untuk memerdekakan Palestina,” ungkapnya.

Dengan aksi yang lakukan, diharapkan mampu menumbuhkan sikap solidaritas masyarakat Indonesia, khususnya Kota Serang, kepada Palestina. Juga diharapkan tumbuh kesadaran bahwa perdamaian dan pembebasan Palestina harus disokong oleh seluruh pihak.

“Tak akan ada perdamaian dan pembebasan Palestina jika kita semua hanya berdiam diri. Segala bentuk dukungan akan sangat berarti untuk saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Dalam aksi teatrikal itu, mahasiswa juga mengumpulkan donasi bantuan untuk warga Palestina di sepanjang jalan dari Ciceri sampai Alun-alun Kota Serang. Hingga di Alun-alun, donasi yang berhasil dikumpulkan untuk Palestina mencapai Rp712.200. Donasi akan disalurkan untuk warga Palestina melalui organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Raya.

Sementara itu, Branch Manager ACT Serang Raya Ais Komarudin menyampaikan apresiasi kepada HMI MPO Cabang Serang dan masyarakat Kota Serang yang telah mempercayakan distribusi bantuan untuk Palestina ke ACT Serang Raya.

Menurutnya, inti dari penggalangan dana untuk Palestina bukan pada berapa banyak yang bisa diberikan kepada Palestina, melainkan kehadiran sebagai muslim atas penderitaan yang dialami warga Palestina.

“Karena mereka (warga Palestina-red) bukan merindukan uang kita, tapi kehadiran dan keberpihakan kita atas apa yang menimpa mereka,” kata Ais. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp