Kota Serang
Trending

Warga Yaman dan Pakistan Pemilik 786 Kg Sabu di Kota Serang Ini Divonis Mati

SERANG, BANTEN RAYA- Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan dan Yaman yakni Bashir Ahmed bin Muhammad Umear dan Adel bin Saeed Yaslam Awadhi, divonis mati oleh Majelis Hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Serang, Rabu (24/2). Dua WNA ini merupakan terdakwa kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu seberat 821 kilogram, yang ditangkap di Jalan Raya Takari Taktakan, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, pada 2020.

Majelis Hakim yang diketuai Atep Sopandi mengatakan, terdakwa Bashir dan Adel terbukti tanpa hak menyimpan dan memiliki narkoba jenis sabu seberat 786.795 gram atau sekitar 787 kilogram, sebagai mana dalam dakwaan pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika Jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa 1 Bashir dan terdakwa 2 Adel dengan pidana mati,” kata mejelis hakim kepada kedua terdakwa disaksikan JPU Kejari Serang Deasy Mariana.

Vonis tersebut sesuai dengan tuntutan JPU yang dibacakan pada Senin (1/2). Atep mengungkapkan, sebelum menjatuhkan tuntutan itu ada beberapa pertimbangan jaksa yaitu hal yang memberatkan dan hal yang meringakan.

“Hal memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan narkotika, perbuatan terdakwa membahayakan masyarakat dan dapat merusak generasi muda di Indonesia, terdakwa berbelit-belit dalam persidangan. Hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum,” ungkapnya.

Usai pembacaan putusan, kedua terdakwa belum memberikan keputusan atas vonis tersebut. Keduanya diberi waktu satu pekan untuk menyatakan keputusan terima atau banding. (darjat/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp