DaerahKota SerangWisata & Kuliner
Trending

Wisata Edukasi Flora dan Fauna, Bawa Keluarga ke Hutan Kota Serang Saja

SERANG, BANTEN RAYA – Menghabiskan liburan panjang Karena ada perayaan hari Paskah memang lebih asyik bila digunakan untuk jalan-jalan. Tapi bila kondisi kantong tidak memungkinkan lebih baik mendatangi tempat wisata yang dekat. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi dan masih dekat dengan perkotaan adalah Hutan Kota milik Pemkot Serang. 

Seperti diketahui, lokasi hutan kota sendiri berada di belakang Mapolda Banten. Tepatnya berada di Kampung Cibebek, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Kepala Sarana Prasarana Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Serang Ahmad Fahrudin mengatakan, Hutan Kota memang bukan tempat wisata namun bisa dijadikan sebagai wahana edukasi. Khususnya untuk anak agar mengenal macam-macam tanaman dan hewan. 

Setidaknya ada 55 jenis tanaman yang tumbuh di Hutan Kota. Sementara binatang yang kerap ditemui berjumlah 25 jenis, mulai dari mamalia, aves, dan reptilia. 

“Kalau jumlah pohonnya ada sekitar 3.000 lebih,” kata Fahrudin, Sabtu (3/4/2021). 

Adapun pohon-pohon yang bisa dijumpai misalkan mahoni, matoa, trembesi, angsana, lamtoro, kakao, dan lain-lain. Ia mengatakan, tanaman dan pohon di Hutan Kota memang merupakan pepohonan yang biasa ditemui oleh masyarakat dan bukan pepohonan langka. 

Hutan kota serang
Berbagai jenis flora tumbuh di Hutan Kota Serang.

Akan tetapi, seiring berkembangnya kota dan maraknya penebangan pohon, maka pohon-pohon di Hutan Kota ini suatu saat bisa jadi menjadi pohon dan tanaman yang langka juga. 

“Karena baru ditanami, pepohonan di situ juga usianya masih muda sekitar tujuh sampai 10 tahun,” katanya. 

Adapun hewan-hewan yang kerap terlihat di Hutan Kota misalnya kelelawar, bajing, musang, puyuh, prenjak, biawak, kadal, dan lain-lain. Fahrudin menegaskan, untuk masuk ke Hutan Kota Serang tidak dipungut biaya.  (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp