DaerahEkonomi & BisnisKota Tangerang
Trending

Giliran Kota Tangerang Bentuk TP2DD, Apa Itu?

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkot Tangerang membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Kamis (1/4/2021). Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

Pembentukkan TP2DD Kota Tangerang ditandai dengan penandatanganan Keputusan Walikota Tangerang yang digelar secara daring. Pemkot Tangerang menjadi pemerintah daerah keempat di Banten yang telah membentuk tim tersebut. Sebelumnya ada Pemkot Serang, Pemprov Banten, Pemkab Lebak yamg sudah terlebih dahulu membentuknya. 

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan apresiasi kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja yang telah memberikan masukan dalam pengembangan elektronifikasi Kota Tangerang. Hal itu membuat masyarakat dimudahkan melalui digitalisasi keuangan daerah. 

“Beliau menyampaikan agar seluruh anggota TP2DD dapat bahu-membahu dan bergotong royong dalam rangka sosialisasi hingga implementasi ETPD (elektronifikasi transaksi pemerintah daerah),” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Banten Raya, Jumat (2/4/2021). 

Sementara itu Erwin Soeriadimadja dalam kesempatan yang sama turut mengapresiasi Walikota Tangerang yang telah melakukan pembentukan TP2DD dalam waktu kurang dari satu bulan sejak Keppres diterbitkan. Hal tersebut yang menunjukkan kesiapan Kota Tangerang dalam mendorong pengembangan ETPD. 

“TP2DD akan melaksanakan tugas berupa mendorong implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah guna meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola, dan mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Dengan pembentukkan TP2DD juga akan mendorong indeks capaian elektronifikasi (ICE), dimana Kota Tangerang mencatatkan angka sebesar 3,92. Dengan capaian tersebut memposisikan Kota Tangerang sebagai salah satu pemerintah daerah dengan nilai ICE tertinggi di Provinsi Banten. 

Nilai tersebut membawa Kota Tangerang ke posisi 25 besar dari 542 pemerintah daerah di Indonesia. Melalui pembentukan TP2DD ini, diharapkan sinergi antara semua pihak dapat lebih baik lagi. Dapat menjawab tantangan perkembangan digitalisasi dalam rangka mewujudkan integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital khususnya di Kota Tangerang. 

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten siap bersinergi untuk mewujudkan setiap tahapan roadmap TP2DD sehingga digitalisasi Kota Tangerang dapat terdepan dan mampu memberikan layanan optimal kepada masyarakat yang menjadi salah satu tolak ukur kemajuan ekonomi daerah,” tuturnya. 

Selain Walikota Tangerang dan kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, kegiatan itu juga dihadiri sejumlah pihak. Mereka adalah Kepala Sub Administrasi Keuangan Kantor Regional 1 Otoritas Jasa Keuangan Nicko Jefta dan CEO Regional BJB Kantor Wilayah IV Edy Kurniawan Saputra serta pimpinan OPD di lingkup Pemkot Tangerang. (*/dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp